Sekilas Info

PENANGANAN COVID 19

Bayi Laki-Laki Berusia Tujuh Hari dan 36 Orang Lainnya di Maluku Terkonfirmasi Positif Covid-19 Hari Ini

satumalukuID- Sebanyak 37 orang di Maluku, kembali ditemukan tertular Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), Rabu (24/6/2020). Satu diantara puluhan pasien Covid baru itu ternyata merupakan seorang bayi laki-laki yang baru berusia tujuh hari.

Bayi yang sudah dinamai berinisial A tersebut terjangkit Covid-19 dari ibunya AA. Mereka merupakan warga Kota Ambon dan kini sedang dirawat intensif di ruang khusus Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. M. Haulussy, Kota Ambon.

Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Maluku, Melky Lohy, mengaku, AA, ibu dari bayi itu merupakan pasien kasus 327. Sehari setelah dilahirkan, tim kesehatan kemudian mengambil swab si jabang bayi tersebut.

"Dia (bayi) ini terkonfirmasi dari AA mamanya, setelah dilakukan penelusuran. Hasil swabnya positif," kata Lohy di Kantor Gubernur Maluku, Kota Ambon, malam tadi.

Sebelum hingga melahirkan A di ruang khusus kehamilan, ibu bayi tersebut sudah ditangani menggunakan protokol Covid-19. "Ibunya masuk RSUD sekitar 11 atau 12 Juni lalu," kata Lohy yang belum bisa memastikan kepada para jurnalis.

Rencananya, Kamis besok (25/6/2020), ibu bayi itu akan dilakukan pemeriksaan ke dua dengan cara pengambilan swab untuk diperiksa di Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKLPP) Klas II Ambon.

“Jadi dari 37 kasus baru itu, termasuk bayi tersebut. 37 kasus baru ini berasal dari 28 warga Kota Ambon, 6 Kabupaten Buru dan 3 dari Maluku Tengah. Jadi totalnya kini menjadi 671 kasus. Dalam perawatan 485 orang,” kata Lohy.

Selain temuan kasus baru, kabar baik juga datang hari ini dengan adanya kesembuhan 4 orang pasien Covid dari Kabupaten Buru dan Maluku Tengah. Diantaranya Kasus 412 yaitu Nona SAU (22) dan Kasus 413 Ibu F (33) dari Buru. Sementara Maluku Tengah adalah Kasus 298 yaitu Ibu T (51) dan Kasus 299, Ibu M (36).

“Jadi untuk pasien sembuh sampai hari ini menjadi 172 orang. Meninggal dunia 14 orang,” tandasnya.

Penulis: Ian Toisutta
Editor:redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!