Sekilas Info

JELANG PILKADA 2020

Bawaslu Maluku dan BPJS Kerjasama Proteksi Para Pengawas di 4 Kabupaten yang akan Gelar Pilkada

satumalukuID/Istimewa Ketua Bawaslu Maluku Abdullah Ely.

satumalukuID - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Maluku menjalin kerjasama dengan BPJS untuk memberikan proteksi terhadap para pengawas, yang bertugas pada pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2020, yang di Maluku bakal digelar pada Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), Kabupaten Buru Selatan (Bursel), Kabupetan Kepulauan Aru dan Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD).

"Pertemuan antara Bawaslu dan BPJS ini, untuk memproses kelanjutan kerjasama guna memproteksi teman-teman pengawas yang berada di kecamatan, desa atau kelurahan pada empat kabupaten yang melaksanakan Pilkada nanti," ujar Ketua Bawaslu Maluku, Abdulah Ely, kepada satumalukuID, di Ambon, Rabu (24/06/2020).

Abdullah sampaikan, jumlah keseluruhan pengawas di tingkat kecamatan maupun desa ini sebesar 799 orang. Dan pada 23 hari sebelum pungut hitung dilakukan, kata dua, akan dibentuk lagi pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS).

"Untuk jumlah totalnya nanti. Saat ini belum dapat kami sampaikan. Sebab terjadi perubahan karena kondisi pandemi Covid-19. Jika awalnya 800 orang tiap TPS, maka rencananya akan dikurangi setengah dari jumlah tersebut," jelasnya.

Menurut Abdullah, pihaknya berharap pemerintah daerah dapat turut memberikan dukungan, apabila terjadi situasi terburuk yang dialami oleh para petugas pengawas.

"Yang kami maksudkan di sini, apabila terdapat pengawas yang meninggal, memang telah ada proteksi dari pihak BPJS untuk kematian dan kecelakaan. Namun kami berharap pemerintah daerah dapat memberikan beasiswa jika pengawas tersebut telah menikah dan memiliki anak. Sehingga anak-anak yang ditinggalkan bisa memperoleh pendidikan sampai jenjang SMA," pungkasnya.

Penulis: Tiara Salampessy
Editor:redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!