Sekilas Info

MALUKU LUMBUNG IKAN NASIONAL

Pemprov Maluku kembali Revisi Master Plan Pengajuan Maluku sebagai Lumbung Ikan Nasional

satumalukuID/Tiara Salampessy Ilustrasi hasil ikan Maluku

satumalukuID - Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Maluku, Abdul Haris menyebutkan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku telah merevisi kembali master plan pengajuan Maluku sebagaiLumbung Ikan Nasional (LIN), setelah beberapa tahun jalan di tempat.

Kepada wartawan di Kantor Gubernur Maluku, Selasa (23/6/2020, Abdul katakan, revisi master plan ini setelah Pemprov Maluku mendapat angin segar dari Kementerian Kelautan dan Perikanan, untuk melirik kembali penetapan Provinsi Maluku sebagai LIN.

“Saat Menteri Kelautan dan Perikanan dipimpin Ibu Susi Pujiastuti, kebijakan tersebut belum diimplementasikan. Namun tidak tahu ada pertimbangan apa sehingga tidak jalan. Mungkin belum menyentuh substansinya,” ujar Abdul menduga-duga.

Namun belakangan kata Abdul ada kabar baik di tahun ini, setelah Pemprov Maluku menerima respon baik dari  Menteri Eddy Prabowo yang menggantikan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pujiastuti.

“Komunikasi dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan kembali terbangun untuk mendorong lagi Maluku sebagai LIN,” tuturnya.

Dia menjelaskan, di awal Maret pihaknya telah melakukan video conference dengan Kemenko Maritim dan Investasi, bersama Sekretaris Daerah Maluku.

Setelah itu disepakati untuk menyurati Menteri Kelautan dan Perikanan untuk kesediaan mengimplementasikan Maluku sebagai LIN.

“Kami lantas memberi laporan ke Pak Gubernur. Beliau lalu menyurati Menteri Kelautan dan Perikanan pada tanggal 7 April 2020, dan direspon Menteri pada tanggal 26 Mei 2020,” bebernya.

Selanjutnya, kata Abdul, Menteri Koordinator Maritim dan Investasi menegaskan bahwa Pemerintah Pusat melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan mendukung implementasi Maluku sebagai LIN.

“Bentuk dukungan yang diberikan berupa program dan penganggaran. Dan itu bisa saja melalui APBN, DAK dan juga pendanaan berbagai pihak, swasta dan lainnya,” ungkapnya.

Penulis: Tiara Salampessy
Editor:redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!