Sekilas Info

PENANGANAN COVID 19

Hasil Tracing, 67 Pegawai RSUD Tulehu Makuku Tengah Kini Terkonfirmasi Covid-19

satumalukuID/ian Toisutta Ketua Harian Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Maluku, Kasrul Selang (tengah), saat memberikan keterangan kepada wartawan di Ambon, Senin (22/6/2020).

satumalukuID - Hasil tracing atau pelacakan dari pasien sebelumnya menemukan 21 pegawai Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Ishak Umarella, Tulehu, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah (Pulau Ambon) terkonfirmasi Covid-19. Total pegawai positif kini mencapai 67 orang.

Demikian disampaikan Ketua Pelaksana Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Maluku, Kasrul Selang, saat ditemui wartawan di Kantor Gubernur Maluku, Kota Ambon, Senin malam (22/6/2020).

"Sudah hampir 70. Kemarin kan 46, tambah 21 hari ini sudah hampir 70," kata Kasrul Selang yang juga merupakan Sekretaris Daerah Maluku ini.

Kasrul mengaku prihatin dengan ditemukan begitu banyak pegawai RUSD Tulehu yang terpapar virus corona tersebut. Dengan ditemukan para pegawai tersebut, Kasrul meminta tim Gugus Tugas Covid untuk terus melakukan proses tracing atau pelacakan.

“Kita prihatin juga, tapi ya begitu karena kita harus cari semua yang punya potensi di situ (tertular covid)," ujarnya.

Kasrul mengaku, hari terdapat penambahan 52 kasus baru Covid-19 di Maluku. 23 diantaranya berasal dari Kabupaten Maluku Tengah. Dari jumlah itu, sebanyak 21 orang merupakan pegawai RSUD Tulehu.

Untuk jumlah pasien positif Covid yang berasal dari Seram Bagian Timur (SBT) hari ini, Kasrul mengaku, penambahan tersebut juga merupakan hasil tracing. Sementara dua kasus baru yang ditemukan di Maluku Barat Daya (MBD), dia mengaku belum mengetahuinya.

“Kalau yang MBD ini kita belum tahu, apakah hasil tracing atau pelaku perjalanan (kluster baru),” terangnya.

Untuk diketahui, setelah ditemukan 52 orang baru terkonfirmasi Covid hari ini di Maluku, maka totalnya kini mencapai 633 kasus. Puluhan kasus baru ini berasal dari Kota Ambon 19 orang, Maluku Tengah 23, MBD 2 dan Seram Bagian Timur (SBT) 8 diantaranya seorang balita berusia 8 bulan.

Dari total 633 kasus Covid yang terjadi di Maluku, hingga kini yang masih dalam perawatan berjumlah 455 orang, dinyatakan sembuh 165 dan meninggal dunia 13.

Penulis: Ian Toisutta
Editor:redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!