Sekilas Info

Polres Pulau Buru Gagalkan Selundupan Kayu Balsa, Empat Truk Ditahan Aparat

satumalukuID- Empat unit truk bermuatan kayu jenis Balsa yang diduga ilegal, berhasil digagalkan aparat Polsek Wayapo, Kepolisian Resor (Polres) Pulau Buru, saat akan diselundupkan. Kayu-kayu itu diduga akan diselundupkan oleh R, pemilik kayu ini melalui jalur laut ke Surabaya, Jawa Timur.

Berdasarkan informasi yang dihimpun satumalukuID, empat truk kayu ini diamankan setelah sejumlah personel Polsek Waeapo yang sedang bertugas piket mencurigainya saat melintas di depan Markas Polsek setempat.

Curiga, personel Polsek Waeapo kemudian menghentikan laju empat mobil truk tersebut. Merasa ada kejanggalan, pemeriksaan dokumen kemudian melibatkan petugas dari Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Kabupaten Buru.

“Kejadiannya pada Kamis malam lalu (18/6/2020). Saat ini empat mobil itu sudah diamankan di Markas Polres Pulau Buru di Namlea,” ungkap sumber kepada satumalukuID, Minggu (21/6/2020).

Terkait informasi itu, Kasubbag Humas Polres Pulau Buru, Ipda Zulkifli Asril, yang dihubungi melalui telepon genggamnya sore tadi tidak mengelak. Dia membenarkan adanya pemeriksaan terhadap kayu yang diduga ilegal.

“Iya benar. Kayu yang diduga ilegal itu saat ini sudah diamankan di Polres Pulau Buru,” kata Zulkifli kepada satumalukuID.

Kayu Balsa yang diamankan tersebut diambil dari hutan Pulau Buru, tepatnya dibawa dari unit 17, Kecamatan Waelata, Kabupaten Buru. Di tengah perjalanan menuju Namlea, puluhan bongkahan kayu berukuran sedang hingga besar pada setiap masing-masing truk itu dihentikan.

“Saat mereka melewati Polsek Waeapo, petugas piket yang curiga kemudian mengamankan kayu-kayu yang diangkut dengan empat truk untuk diperiksa surat-suratnya,” terangnya.

Untuk memastikan dokumen kayu itu legal atau tidak, kemudian diserahkan kepada Polres Pulau Buru untuk pengembangan selanjutnya.

“Sampai saat ini masih dilakukan pemeriksaan dokumen kayu-kayu itu. Sampai saat ini belum ada tersangka. Nanti kalau ada perkembangan lebih lanjut akan kami sampaikan,” tutup dia.
FOTO: HUMAS POLRES PULAU BURU

Penulis: Ian Toisutta
Editor:Embong

Baca Juga

error: Content is protected !!