Sekilas Info

KASUS KEBAKARAN

Diduga Korsleting Listrik, Ruang Pelayanan Kantor Bea Cukai Ambon Terbakar

satumalukuID- Salah satu ruangan pelayanan di Kantor Bea dan Cukai Ambon, Kawasan Pelabuhan Yos Sudarso, Kota Ambon, terbakar, Minggu (21/6/2020) sekira pukul 14.30 WIT. Kebakaran diduga terjadi akibat hubungan arus pendek atau korsleting listrik.

Beruntung, kebakaran itu tidak menimbulkan korban jiwa ataupun luka. Tapi kerugian material yang dialami dalam insiden itu ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

Kasubbag Humas Polresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease Ipda Titan Firmansyah, mengaku, berdasarkan keterangan Boris Toffi, security kantor itu mengaku kebakaran itu diketahui setelah dirinya melihat asap dari dalam kantor.

Pemuda 38 tahun ini awalnya menyangka asap tersebut berasal dari proses pembakaran ikan yang dilakukan oleh warga sekitar. Kala itu, Boris sedang duduk berjaga di dalam pos security yang berada di depan kantor Bea Cukai Ambon.

“Karena asap semakin banyak, saksi kemudian masuk dan melihat asap sudah memenuhi ruangan kantor. Saksi kemudian berlari ke luar meminta tolong warga yang berada di sekitar kantor itu,” ungkap Titan, malam ini.

Saksi lainnya La Dedi (28), buru bagasi, mengaku saat peristiwa itu terjadi, dia bersama seorang temannya sedang duduk tak jauh dari Tempat Kejadian Perkara (TKP). Mereka kemudian mendengar suara teriakan dari security tersebut.

“Security memanggil mereka mengatakan bahwa bantu dulu karena ada kebakaran, setelah itu saksi bersama teman-temannya masuk ke dalam kantor untuk mencari sumber api,” tambah Titan.

Usaha warga sekitar tidak membuahkan hasil lantaran asap pekat telah memenuhi seiisi ruangan kantor tersebut. La Dedi kemudian berinisiatif menuju ke Kantor Dinas Pemadam Kebakaran setelah bersama menurunkan sekren.

Berselang beberapa waktu berlalu, sejumlah personel Polsek Kawasan Pelabuhan Yos Sudarso (KPYS) Ambon dan Unit PRC Polresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease tiba di TKP. Tim yang dipimpin langsung Kapolsek KPYS ini bersama membantu petugas Damkar yang tiba pukul 15.00 WIT.

“4 unit mobil damkar dan 1 unit mobil truk suply water tiba dan langsung melakukan pemadaman api. Pukul 16.40 WIT, api berhasil dipadamkan. Dugaan sementara kebakaran berasal dari hubungan arus pendek listrik,” pungkasnya.

Penulis: Ian Toisutta
Editor:redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!