Sekilas Info

Tahapan Pilkada Serentak Empat Kabupaten di Maluku Dilaksanakan Mengikuti Standar Protokol Covid-19

Foto: Daniel Leonard/ant Ketua KPU Maluku, Syamsul Rifan Kubangun mengatakan, pelaksanaan tahapan pilkada serentak 2020 pada empat kabupaten di Maluku akan dilakukan mengikuti protokol kesehatan Covid-19, Sabtu (20/6/2020).

satumalukuID - Ketua KPU Maluku Syamsul Rifan Kubangun mengatakan tahapan pilkada serentak pada empat kabupaten di Provinsi Maluku yang dijadwalkan berlangsung pada Desember 2020 akan dilaksanakan dengan mengikuti aturan protokol kesehatan Covid-19.

"KPU tunduk pada setiap aturan yang berlaku, seperti Perppu dan dalam kondisi pandemi, kami harus taat pada protokol kesehatan," kata Syamsul di Ambon, Sabtu (20/6/2020).

Hal ini diungkapkan Syamsul saat menerima kunjungan Kapolda Maluku Irjen Pol Baharudin Djafar didampingi Kapolresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease, Kombes Pol Leo SN Simatupang ke kantor KPU Maluku.

Pilkada Serentak 2020 di Maluku, terdapat empat daerah antara lain, Kabupaten Seram Bagian Timur, Kabupaten Kepulauan Aru, Kabupaten Buru Selatan, dan Maluku Barat Daya.

"Kami berterima kasih dan suatu penghormatan bagi KPU atas kedatangan bersama rombongan untuk bersilaturahmi sekaligus menjalin sinergitas dalam rangka menghadapi Pilkada Serentak 2020," ujarnya.

Kapolda mengatakan, terkait kedatangan dirinya bersama Kapolresta Ambon, tak lain adalah ingin mengetahui kondisi saat ini di KPU.

"Ada aturan baru yang harus saya ketahui, oleh sebab itu saya datang ke sini untuk mengetahui perubahan tersebut," kata Kapolda.

Kapolda berpesan bagi anggota polisi yang bertugas di kantor KPU harus mendapatkan informasi dan melaporkan semua yang terjadi dengan penuh rasa tanggung jawab.

"Dalam menjalankan aktivitas selaku komisioner, kita harus jujur dan kejujuran yang menjadi hal yang utama," pesan Kapolda.

Selain itu, netralitas selaku penyelenggara harus dijunjung tinggi dan sampaikan sesuai dengan fakta agar tidak ada keraguan dalam mengambil keputusan.

"Harus disampaikan dengan benar supaya kami tidak ragu dengan keputusan terkait ada batasan kerja yang dibuat jadi dibutuhkan koordinasi dan persamaan persepsi," ujar Kapolda.

Kapolda mencontohkan kutipan dari Gubernur Maluku bahwa solidaritas orang Ambon sangat tinggi sehingga harus ditumbuhkan untuk bekerja.

"Semua yang dibutuhkan oleh KPU di sini bilang sama Kapolresta. Pekerjaan kita harus saling mengingatkan," pesan Kapolda Maluku.

Baca Juga

error: Content is protected !!