Sekilas Info

PILKADA

Sambangi KPU, Kapolda Maluku Sampaikan Pesan Meminta Komisioner Harus Jujur

satumalukuID- Kepala Kepolisian Daerah Maluku Inspektur Jenderal Polisi Baharudin Djafar, sambangi kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Maluku, Tantui, Kota Ambon, Jumat (19/6/2020).

Didampingi Kapolresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease Kombes Pol. Leo Surya Nugraha Simatupang, Jenderal Bintang Dua itu datang bersilaturahmi dan ingin mengetahui kondisi terkini tahapan Pilkada di Buru Selatan, Seram Bagian Timur, Kepulauan Aru dan Maluku Barat Daya.

Selain itu, kedatangan orang nomor 1 Polri di Provinsi Maluku ini juga sekaligus untuk menjalin sinergitas dengan KPU sebagai lembaga penyelenggara pesta rakyat lima tahunan tersebut yang akan dihelat serentak di Indonesia pada Rabu (9/12/2020) mendatang.

“Ada aturan baru yang harus saya ketahui, oleh sebab itu saya datang ke sini untuk mengetahui perubahan tersebut,” kata Baharudin.

Sebagai lembaga penyelenggara demokrasi, Kapolda meminta untuk senantiasa menjunjung tinggi sikap netralitas, yang merupakan bagian dari keimanan. Petugas diharapkan dapat menyampaikan hasil pemilihan sesuai fakta, sehingga tidak ada keraguan dalam mengambil keputusan.

“Harus disampaikan dengan benar supaya kita tidak ragu dengan keputusan. Ada batasan kerja yang dibuat jadi dibutuhkan kordinasi dan persamaan persepsi. Dalam menjalankan aktivitas kita selaku komisioner, kita harus jujur dan kejujuran yang menjadi hal yang utama,” pesannya.

Kapolda menyampaikan kutipan Gubernur Maluku Murad Ismail yang mengatakan bahwa solidaritas orang Ambon/Maluku sangat tinggi. Olehnya itu, dia mengajak semua untuk menumbuhkannya dalam setiap aktivitas kerja.

“Semua yang di butuhkan oleh KPU di sini bilang sama Kapolresta. Pekerjaan kita harus saling mengingatkan,” harapnya.

Sebelumnya, Ketua KPU Provinsi Maluku Syamsul Rifan Kubangun, menyampaikan terima kasih atas kedatangan mantan Kapolda Sulawessi Barat tersebut. Dia mengaku kedatangan Kapolda sebagai bentuk penghormatan kepada pihaknya.

“Pilkada serentak tahun 2020, Provinsi Maluku sendiri akan berlangsung di 4 Kabupaten, yakni, SBT, Aru, Buru Selatan, dan MBD,” katanya.

Syamsul mengemukakan, pelaksanaan Pilkada tahun ini tidak seperti tahun sebelumnya. Yaitu lebih mengutamakan penerapan protokoler kesehatan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

“KPU tunduk pada semua Peraturan KPU (PKPU). Dalam kondisi Pandemi kita harus taat pada protokol kesehatan,” tandasnya.

Penulis: Ian Toisutta
Editor:Embong

Baca Juga

error: Content is protected !!