Sekilas Info

LISTRIK GRATIS

PLN Perpanjang Pemakaian Listrik Gratis Sampai Dengan Bulan September 2020

Foto: satumalukuID/Freepik.com Ilustrasi Listik PLN

satumalukuID- PT. PLN (Persero) kembali memberikan keringanan terhadap masyarakat pelanggan listrik. Di tengah Covid-19, pemakaian listrik gratis kembali diperpanjang kepada pelanggan daya 450 VA pasca bayar maupun prabayar terhitung Juli, Agustus dan September 2020.

Untuk pelanggan berdaya beban 900 VA, diberikan pemotongan 50 persen, khususnya kepada mereka yang menerima subsidi. Sedangkan yang tidak bersubsidi dianggap mampu dan wajib membayar tagihan listrik seperti biasa.

“Jadi untuk bulan Juli, Agustus dan September gratis. Karena diperpanjang lagi,” ungkap Amos Pasalli, Senior Manager Niaga dan Pelayanan Pelanggan PLN Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara kepada wartawan, Jumat (19/6/2020).

Menurutnya, tidak ada yang berubah dalam program pemerintah tersebut. Yaitu seluruh pelanggan listrik yang menggunakan daya 450 VA baik prabayar maupun pasca bayar, diberikan gratis. Sementara pelanggan 900 VA terdapat pemotongan 50 persen.

“Tetapi untuk pelanggan 900 VA, memang hanya sebagian yang dapat sebagian tidak. Yang dapat adalah pelanggan bersubsidi, sementara yang tidak dapat adalah pelanggan yang dinyatakan mampu. Jadi sampai sekarang tidak ada perubahan pemerintah yang diputuskan sebelumnya,” katanya.

Amos mengaku, pihaknya juga masih memberikan kesempatan kepada pelanggan 900 VA yang merasa tidak mampu dan belum mendapatkan subsidi. Caranya adalah terdaftar pada Basis Data Terpadu (BDT) Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) Kementerian Sosial.

“Tapi masih ada cara untuk masuk mendaftar. Caranya memang harus mengetahui pejabat desa, kemudian Kecamatan, baru Kabupaten. Di Kabupaten data itu dimasukan ke dalam sistem yakni TNP2K milik Sosial, inilah yang kemudian akan masuk,” tandasnya.

Penulis: Ian Toisutta
Editor:Embong

Baca Juga

error: Content is protected !!