Sekilas Info

PENANGANAN COVID 19

300 Tenaga Sukarelawan Siap Ditempatkan Tangani Pasien Covid-19 di Maluku

satumalukuID/Ian Toisutta Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Maluku, dr. Meikal Pontoh.

satumalukuID- Provinsi Maluku mengalami kekurangan tenaga kesehatan untuk penanganan pasien Covid-19. Untuk mengisinya, Dinas Kesehatan Provinsi Maluku telah merekrut 300 orang tenaga sukarelawan untuk membantu atau mengisi kekurangan tim medis tersebut.

"Kami sudah rekrut 300 tenaga sukarelawan yang terdiri dari perawat dan bidan," ungkap Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Maluku, Meykal Pontoh kepada wartawan, Kamis (18/6/2020).

Menurutnya, ratusan tenaga sukarelawan yang direkrut telah dilatih. Mereka mengikuti latihan on the job traning (OJT). Bahkan langsung turun praktek atau dimagangkan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dan tempat karantina pasien.

"Jadi tenaga sukarelawan itu sudah tinggal ditempatkan saja. Akan ditempatkan di RSUD dan tempat karantina yang menjadi lokasi perawatan pasien Covid-19, termasuk RSUD di Tulehu (dr. Ishak Umarella),” jelasnya.

Menyoal mengenai penempatan tenaga sukarelawan yang sudah dilatih tersebut di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) dr. J. Leimena, tambah Pontoh, tidak dilakukan. Sebab, RSUP Leimena menerapkan standar yang tinggi.

"Tidak karena standar mereka tinggi sekali, tidak mau merekrut tenaga kesehatan yang belum resmi. Karena peralatan di sana canggih dan seterusnya, makanya standarnya dia mau yang benar-benar sudah menjadi PNS," tandasnya.

Penulis: Ian Toisutta
Editor:redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!