Sekilas Info

ORANG HILANG

Babinsa Nelbesi Hilang di Perairan Waefussi Buru Selatan, Box Ikan Miliknya Ditemukan Terapung

satumalukuID/Basarnas Ambon

satumalukuID- Hingga malam ini, Kopda Comaridin Wally, Babinsa Nelbesi, Kabupaten Buru Selatan (Bursel), belum ditemukan. Dia hilang kontak sekembalinya menggunakan satu unit longboat dari lokasi pancing ikan, perairan Desa Waefussi, Bursel, Selasa (16/6/2020) pukul 13.00 WIT, kemarin.

Nasib anggota Koramil 1506-02/Leksula pada Kodim 1506 Namlea, Pulau Buru itu masih misterius. Tapi tim SAR gabungan dari masyarakat berhasil menemukan sebuah box penampung ikan milik korban di perairan Desa Kamulan, Kabupaten Buru, Rabu (17/6/2020) pukul 18.50 WIT.

Kepala Basarnas Ambon, Muslimin, mengatakan, pihaknya menerima informasi tentang peristiwa membahayakan nyawa manusia di laut ini dari Dandim 1506-Namlea. Menurutnya, peristiwa itu berawal ketika korban berangkat memancing ikan pada pukul 05.00 WIT, kemarin.

Korban memancing ikan di wilayah rompong sekitar perairan Desa Waefusi, atau berjarak 18,22 NM. Sejak dini hari kemarin hingga tengah hari atau sekitar pukul 13.00 WIT, korban kemudian berpamitan untuk pulang duluan.

“Pada pukul 13.00 WIT kemarin, korban berpamitan kepada kakak kandungnya bersama nelayan yang lain untuk pulang mendahului, tetapi sampai saat ini korban belum kembali dan lost Kontak,” jelasnya.

Setelah menerima laporan tadi sekira pukul 12.00 WIT, operasi pencarian hari pertama kemudian dilakukan Basarnas Ambon dengan melibatkan unsur SAR lainnya. SAR Pos Namlea sendiri mengerahkan alutsista Rubber Boat.

Titik pencarian pada hari pertama pada lokasi duga yaitu koordinat : 4°10'47.03"S-126°41'18.58"E atau Perairan Desa Waefusi, Kabupaten Bursel.

“Unsur yang terlibat dalam pencarian hari pertama adalah Tim Rescue Pos Sar Namlea, Koramil Namrole, PolAir Namlea dan masyarakat, keluarga korban,” katanya.

Meski belum ditemukan, namun masyarakat berhasil menemukan box penampung ikan yang diketahui milik korban. Box ikan berwarna kuning ini ditemukan pada titik koordinat 3° 31' 28,00" S 126° 09' 05.00" E.

“Lokasi ini berada di daerah perairan desa Wamulan, Arah Barat Daya dari desa Waefusi dengan jarak 31,79 NM oleh tim SAR gabungan dari masyarakat setempat yang mencari tadi sore. Korban sendiri belum ditemukan,” tandasnya.

Penulis: Ian Toisutta
Editor:redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!