Sekilas Info

PENANGANAN COVID 19

Evaluasi Operasi Aman Nusa II Siwalima Polda Maluku Soroti Penerapan PSBB Ambon

satumalukuID- Polda Maluku dan jajarannya menggelar rapat analisa dan evaluasi (anev) terhadap Operasi Aman Nusa II Siwalima Tahun 2020. Anev dipimpin langsung Kapolda Maluku Irjen Pol. Baharudin Djafar, didampingi Wakapolda Maluku Brigjen Pol. Jan de Fretes dan Irwasda.

Rapat yang diselenggarakan melalui video conference itu berlangsung di Rupatama Mapolda Maluku, Kota Ambon, Senin (15/6/2020). Dalam rapat itu, Polda Maluku juga menyoroti rencana pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang telah direstui Pemerintah Pusat melalui Kementerian Kesehatan RI untuk Kota Ambon.

Kapolresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease, Kombes Pol. Leo Surya Nugraha Simatupang, diminta untuk menyampaikan kepada Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Ambon, agar lebih memperhatikan pelaksanaan PSBB dengan baik.

“Sampaikan kepada gugus tugas kota untuk rumah makan dan tempat ibadah agar direncanakan dengan baik. Khususnya pelaksanaan ibadah,” pinta Orang nomor 1 Polda Maluku itu.

Jenderal Bintang Dua Polri ini juga menekankan kepada Kapolsek dan Bhabinkamtibmas yang tersebar di 11 Kabupaten/Kota di Maluku agar senantiasa memberikan sosialisasi kepada masyarakat terkait pelaksanaan ibadah di tengah mewabahnya virus mematikan tersebut.

"Kalau ada kejadian, Babinkamtibmas dan Kapolsek segera laporkan, dan lakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang pelaksanaan ibadah maupun kegiatan dalam masa Pandemi Covid 19,” harapnya.

Permintaan serupa juga diharapkan Wakil Kapolda Maluku Brigjen Pol. Jan de Fretes kepada seluruh jajarannya. Khususnya Polresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease, dia meminta agar dalam pembahasan rencana penerapan PSBB, harus dilakukan secara mendetail.

Orang nomor 2 Polri di Maluku itu lebih menekankan kepada persoalan pelaku perjalanan yang hendak masuk dan keluar di Kota Ambon. Hal itu diharapkan agar tidak terjadi polemik seperti sebelumnya.
"Kepada Kapolresta agar menyampaikan dalam rapat gugus tugas untuk dibahas betul tentang pelaksanaan PSBB, khusus masuk keluar ke Kota Ambon, sehingga tidak terjadi penumpukan dan sorotan," kata dia.

Jenderal Bintang 1 ini juga menekankan kepada setiap anggota Polri dalam pelaksanaan penerapan PSBB untuk senantiasa memperhatikan tindakan yang humanis. Di sisi lain, juga ditegaskan untuk tidak menggelar kegiatan kontra produktif.

Penulis: Ian Toisutta
Editor:redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!