Sekilas Info

PENANGANAN COVID 19

Lagi, Pasien RSUD Haulussy Ambon Meninggal Dunia, Hasil Tes Cepat Positif Covid-19

satumalukuID- YM, satu pasien yang dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. M. Haulussy, Kudamati, Kota Ambon, meninggal dunia, Senin (15/6/2020), pukul 05.30 WIT. Hasil Tes Cepat Molekuler (CTM) menyebutkan wanita 64 tahun itu positif Covid-19.

Pasien yang sebelumnya dirawat di Rumah Sakit Sumber Hidup (GPM) Ambon ini telah dimakamkan dengan menggunakan prosedural penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Tempat Pemakaman Umum (TPU), Desa Hunuth, Kota Ambon, sore harinya atau pukul 17.30 WIT tadi.

Ketua Pelaksana Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Maluku, Kasrul Selang, mengaku, almarhumah merupakan pasien rujukan dari Rumah Sakit GPM Ambon.

“Almarhumah ini dirujuk dari Rumah Sakit GPM Ambon ke RSUD Haulussy Ambon pada tanggal 31 Mei 2020 lalu,” kata Kasrul kepada wartawan di kantor Gubernur Maluku, Kota Ambon, sore tadi.

Sejak dirawat di RSUD Haulussy, almarhumah sempat menjalani pemeriksaan swab sebanyak satu kali dan hasilnya dari Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKLPP) Klas II Ambon, negatif. Untuk memastikan almarhumah benar tidak tertular Covid, tim medis kembali melakukan pemeriksaan kedua.

Mengingat pemeriksaan swab di BTKLPP Ambon memerlukan waktu cukup lama, sehingga tim medis menggunakan alat CTM. Pemeriksaan menggunakan alat CTM hanya membutuhkan waktu kurang lebih 45 menit. Hasilnya, almarhumah positif Covid-19.

"Baru satu kali swab, mau di swab satu kali lagi, mau tunggu PCR lama, lalu pakai TCM (Tes Cepat Molekuler) dan hasilnya positif. Kan pasien akan dinyatakan negatif jika pemeriksaan swab dilakukan sebanyak dua kali," jelasnya.

Setelah hasil pemeriksaan CTM berstatus positif, pihaknya kemudian melakukan koordinasi dengan Pemerintah Kota Ambon agar almarhumah dimakamkan dengan menggunakan prosedural penanganan Covid-19.

"Kita langsung koordinasi dengan Pemerintah Kota Ambon untuk proses pemakaman secara protokol covid,"jelasnya kepada awak media di kantor Gubernur Maluku, Ambon, Senin (15/6) sore.

Mewakili Gugus Tugas Covid-19 dan Pemerintah Provinsi Maluku, Kasrul yang juga merupakan Sekretaris Daerah Maluku ini, menyampaikan ucapan belasungkawa kepada keluarga almarhumah.

"Atas nama gugus tugas kita turut berduka, dan semoga almarhumah diterima di sisi Tuhan dan keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan," pungkasnya.

Penulis: Ian Toisutta
Editor:redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!