Sekilas Info

PENANGANAN COVID 19

Gubernur Maluku Sampaikan 3 Poin Penting Arahan Presiden Jokowi

satumalukuID/Humas Pempov Maluku

satumalukuID - Gubernur Maluku, Murad Ismail, menyampaikan tiga (3) poin penting arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi), yang disampaikan pada acara Rapat Koordinasi (Rakornas) Pengawasan Interen Pemerintah tahun 2020 tentang Kolaborasi dan Sinergi Aparat Pengawas Intern Pemerintah (APIP), Pemeriksa Eksternal dan Aparat Penegah Hukum (APH) dalam dalam rangka pengawasan Percepatan Penangganan Covid- 19 dan program pemulihan ekonomi nasional via video conference, Senin (15/6/2020).

Kepada wartawan, di Kantor Gubernur Maluku, mantan Komandan Korps Brimob Polri ini menyampaikan tiga poin penting tersebut, antara lain, Presiden Jokkowi menginstruksikan agar seluruh lembaga pemerintah baik pemerintah pusat maupun daerah agar cepat, tepat dan akuntabel dalam pelaksanaan tata kelola penanggulangan dan pertanggung jawaban atas percepatan penangganan Covid- 19.

Kedua, angkah-langkah pengawasan harus dirancang secara cermat agar keterbatasan sumber daya yang dimiliki tidak menghambat pengawasan.

Ketiga, lanjut Gubernur, diperlukan kolaborasi dan sinergitas yang baik antara APIP, BPK dan APH dalam pengawasan anggaran penangganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional.

"Kaitannya dengan arahan Pak Presiden, maka Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Maluku telah menindak-lanjutinya dengan membentuk Tim Akuntabilitas yang terdiri atas unsur Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), Kejaksaan Tinggi, Inspektorat Provinsi Maluku yang mengawal pendanaan Covid-19 ini, dimulai dari awal perencanaan implementasi hingga pelaporan," terang Gubernur.

Penulis: Tiara Salampessy
Editor:redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!