Sekilas Info

TAMBANG ILEGAL

Polres Buru Temukan Tambang Emas Ilegal Tanpa Pekerja di Desa Gogorea, Langsung Dibakar

satumalukuID/Humas Polres Buru

satumalukuID- Aktivitas pertambangan ilegal di Kabupaten Buru kembali terungkap. Kali ini ditemukan di Desa Gogorea, Kecamatan Waeapo, Sabtu (13/6/2020). Saat ditemukan, peralatan yang diduga baru beroperasi sehari sebelumnya itu langsung dimusnahkan dengan cara dibakar.

Tambang emas ilegal itu ditemukan oleh personel Polsek Waeapo yang melakukan razia dibawah pimpinan Kapolsek Ipda Zainal. Razia berlangsung setelah dicurigai kawasan yang berada di belakang masjid Desa Gogorea tersebut.

Kapolres Pulau Buru AKBP Ricky Purnama Kertapati, mengatakan, setelah ditemukan, tim tidak menemukan adanya aktivitas pertambangan. Siapa pemilik dan pekerjanya kemudian diusut. Penyelidikan dilakukan setelah dilaporkan kepada Satintelkam Polres Pulau Buru.

Penyelidikan dipimpin langsung Kasatintelkam Polres Pulau Buru Iptu Sirilus Atajalim. Bersama aparat Polsek Waeapo, mereka mencari pemilik dan pekerja tambang tersebut. Sayangnya, tidak membuahkan hasil, hingga barang bukti langsung dibakar. Tujuannya agar tidak bisa digunakan lagi.

“Mereka hanya menemukan alat atau barang bekas kegiatan penambangan emas ilegal. Alat itu untuk aktivitas tambang menggunakan cara tembak larut. Alat itu diperkirakan baru selesai digunakan 1 hari lalu," ungkap Kertapaty.

Barang bukti yang ditemukan saat adalah 2 set alat seluncur air, terbuat dari bambu, 2 unit mesin alkon, 20 buah Karpet dan 6 buah gabang (selang air) dengan panjang masing2 gabang kurang lebih 50 meter.

“Setelah itu kami kembali melakukan himbauan kepada masyarakat agar tidak melakukan aktifitas penambangan secara ilegal,” tandasnya.

Penulis: Ian Toisutta
Editor:redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!