Sekilas Info

Anggota Polda Maluku Juara Lomba Foto Bergengsi Internasional di Dubai

satumalukuID- Anggota Polda Maluku kembali meraih prestasi. Kali ini justru di kancah internasional. Adalah Ipda Buchari Muslim Diken, yang menjadi juara 3 dalam kompetisi fotografi bergengsi internasional "Hamdan International Photography Award" (HIPA). Ajang foto itu dipromosikan oleh pangeran Dubai Sheikh Hamdan Bin Mohammed Bin Rashid Al Moktoum.

Mewakili Indonesia, anggota Polda Maluku yang sedang mengikuti Pendidikan Perwira di Setukpa Lemdiklat Polri ini berhasil menjadi yang terbaik ketiga (3) dalam kompetisi musim ke-9 dengan tema “Water” ini.

Dalam tournamen fotografi tersebut, anggota Polri asal Pulau Banda, Kabupaten Maluku Tengah ini memasukan hasil jepretannya merekam momen seorang anak kecil dan ayahnya yang sedang mencari ikan di laut dangkal, Negeri Liang, Kabupaten Maluku Tengah (Pulau Ambon).

Foto aktivitas keluarga nelayan yang diabadikan pada 30 Juni 2019 lalu pukul 10.00 WIT itu, tampak memperlihatkan seorang anak kecil sedang memegang alat panah ikan tradisional. Anak yang hanya memakai celana pendek itu terlihat berenang di dalam air laut yang tampak dangkal. Aktivitas anak itu juga terlihat sedang di pantau ayahnya dari atas perahu.

Pada kompetisi HIPA bertemakan air (water) ini, foto yang diambil Buchari tersebut menggambarkan kehidupan manusia masih sangat bergantung pada laut. Sehingga manusia harus benar-benar melestarikan lingkungannya.

“Dalam kompetisi fotografi ini juga ada beberapa fotografer Indonesia yang memenangkan 3 kategori lainya, antara lain kategori Handphone, Color, dan Portofolio. Jadi total ada 4 orang yang mewakili Indonesia dalam kompetisi Internasional tersebut,” kata Kabid Humas Polda Maluku Kombes Pol. M. Roem Ohoirat, Kamis (11/6/2020).

Buchari, lanjut Ohoirat, berhasil meraih juara 3 untuk kategori utama “Water” dan memperoleh hadiah berupa plakat juara dan bonus sebesar 12.000 $. Dia keluar sebagai pemenang setelah diumumkan melalui media sosial Facebook, Instagram dan Tweeter HIPA.

“Buchari terpilih sebagai juara tiga setelah diumumkan pada tanggal 7 Juni 2020 kemarin,” ungkapnya.

Penulis: Ian Toisutta
Editor:Embong

Baca Juga

error: Content is protected !!