Sekilas Info

Musisi Senior Benny Likumahuwa Meninggal Dunia, Sempat Pesan soal Rumah di Ambon

ANTARA FOTO/Embong Salampessy/Foto Arsip/wsj Musisi jazz senior Benny Likumahuwa (kiri) berkolaborasi dengan anaknya, Barry Likumahua (kanan) dan Barry Likumahuwa Project saat menghibur penikmat musik jazz pada Ambon Jazz Plus Festival (AJPF) di Ambon, Kamis (12/10/2012) malam. Benny Likumahuwa, ayah dari musisi Barry Likumahuwa, meninggal dunia pada Selasa (9/6/2020) sekitar pukul 08.30 WIB dalam usia 73 tahun.

satumalukuID - Musisi senior berdarah Maluku Benny Likumahuwa meninggal dunia di Tangerang Selatan, Selasa (9/6/2020). Kakak Bandung penyanyi Utha Likumahuwa itu menghembuskan nafas terakhir karena sakit.

Ayah dari musisi Barry Likumahuwa ini meninggal dunia dalam usia 73 tahun.

Sejak dua tahun belakangan, Benny menderita sakit diabetes dan gangguan ginjal. Meski dalam kondisi sakit, ia masih ingin melakukan sebuah pertunjukan yang diiringi dengan orkestra dan band lengkap.

Sebelum meninggal, Benny Likumahuwa masih memiliki mimpi yang belum terwujud, salah satunya adalah ingin membuat sebuah pertunjukan seperti Frank Sinatra.

"Dia paling bilang sama saya, dia punya mimpi kayak bisa konser, karena dua tahun ini udah enggak manggung ya," kata anak Benny, Barry Likumahuwa di rumah duka Ciputat, Tangerang Selatan, Selasa.

"Dia kayak pengin manggung belakangnya ada big band, ada orkestra dan dia cuma pengin nyanyi aja, dia duduk di kursi roda, karena dia udah pakai kursi roda dari 2018. Dia nyanyi aja, impiannya pengin kayak Frank Sinatra, itu impiannya dia," lanjut Barry.

Sementara itu, Barry mengaku jika sang ayah tidak memiliki pesan atau permintaan khusus. Musisi jazz legendaris itu hanya membicarakan masalah internal keluarga.

"Kalau pesan terakhir lebih ke saya, dia ingetin rumah kita di Ambon, rumah kita di Maluku, hak-hak saya sebagai anaknya dia dan apa yang bisa saya terima kayak gitu aja," ujarnya.

Rencananya Benny akan dimakamkan di TPU Jombang pada 10 Juni 2020.

Mengutip Wikipedia, dalam Karir musiknya, Nyong Ambon kelahiran Kediri Jawa Timur ini pada tahun 1968 bergabung dengan Group Band The Rollies dan sempat recording untuk Polygram di Singapura serta tour keliling Indonesia. 

Ia juga bermain dalam berbagai band di klub-klub malam kota Bangkok, kemudian dia membentuk The Augersindo dan bermain keliling di negara-negara Asia. Lalu ia kembali lagi ke Jakarta bergabung dengan The Jazz Raiders, Jack Lesmana Combo, Trio ABC (Abadi Soesman, Benny Likumahuwa, dan Candra Darusman). 

Kemudian pada tahun 1980 Benny bergabung lagi bersama Ireng Maulana All Star disamping itu dia juga bermain secara freelance dengan kelompok jazz lainnya.

Ia banyak berpartisipasi dalam festival Jazz,antara lain: The Singapore Jazz Festival tahun 1986, The Jakarta Jazz Festival tahun 1988, The North Sea Jazz Festival tahun 1990 yang berada di Belanda, The Asean Jazz Festival di Kuala Lumpur tahun 1992, dan Malaysia Jazz Festival pada tahun 1994. Tahun 1996 membentuk Benny Likumahuwa Big Band yang bermain di Jakarta, Surabaya, Bali kemudian ia rekaman untuk ketiga kalinya pada tahun 1999 di The Lion Studio-S’pore untuk Sangaji Music Co.

Sedangkan Pada tahun 1997 di The International Dixie Land Festival di Dresden - Jerman, The North Sea Jazz Festival, di The Hage Netherlands.Pada tahun 2002 rekaman dengan musik gospel, 2 tahun kemudian dia kembali berpartisipasi di Bali International Jazz Festival, dan Pattaya Music Festival di Thailand. Kemudian pada tahun 2005 Benny kambali lagi untuk ke 4 kalinya rekaman di The Lion Studio-S’pore untuk Sangaji Music Co bersama Ireng Maulana All Stars, dan sampai sekarang Benny masih tetap bekerja sebagai musisi diberbagai kelompok musik di Indonesia maupun Internasional.

Pada tahun 1985, ia bersama Jack Lesmana dan Indra Lesmana membentuk sekolah musik Farabi. Selanjutnya pada tahun 2006, bersama Todung Pandjaitan, Gilang Ramadhan, Donny Suhendra, Krisna Prameswara, dan ibu Annette Frambach membentuk tim perencana Gladiresik Music Lab. Hingga sekarang berperan sebagai Academic Consultant di GladiResik Music Lab.

Baca Juga

error: Content is protected !!