Sekilas Info

PENANGANAN COVID 19

Pasien Tertua Positif Covid-19 di Maluku Akhirnya Sembuh, Sang Anak Nekat Tertular Demi Merawat Ibunya

satumalukuID/Dispenal Lantamal IX Ambon

satumalukuID- Dua pasien kasus Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) yang dirawat di Rumah Sakit TNI Angkatan Laut (Rumkital), dr. F.X. Soehardjo, Lantamal IX/Ambon, Kota Ambon, dinyatakan sembuh, Jumat (5/6/2020). Keduanya adalah anak dan ibu. LH merupakan seorang ibu berusia 84 tahun. Anaknya Nona MH.

Dalam siaran pers yang diterima satumalukuID dari Dinas Penerangan Lantamal IX/Ambon, menyebutkan, LH diduga sebagai pasien Covid tertua di Maluku dan bahkan mungkin se-Indonesia yang dirawat dengan penyakit penyerta.

Penyakit penyerta yang dialami LH diantaranya fostruk dan imobilisasi atau disebut kelompok penyakit di usia lanjut. Penyakit ini biasa disebut sindroma geriatrik dan untuk aktivitas sehari-hari perlu asistensi agar memenuhi kebutuhan baik pribadi maupun tambahan.

LH tertangani dengan baik, karena dirinya mengikuti protokol kesehatan penanganan Covid. Disamping itu, dia juga didampingi anaknya Nona MH yang merupakan pasien ke dua.

MH sendiri sebenarnya bukanlah pasien Covid di Rumkital dr. F.X. Soehardjo. Namun, karena ingin berbakti kepada ibunya, dia bertekad merawatnya meski mengambil resiko tinggi. Dia rela tertular virus mematikan tersebut hanya untuk membantu merawat ibunya.

Menariknya, meski merawat ibunya yang tertular Covid-19, MH ternyata tidak ikut tertular. Ini dikarenakan dirinya disiplin melaksanakan protokol kesehatan saat merawat ibunya secara langsung selama ini.

Selain itu, LH, dapat sembuh dari wabah virus berbahaya ini karena didampingi keluarga terdekat. Sehingga secara emosional, dapat memberikan efek atau hasil yang luar biasa dalam proses penyembuhan pasien.

Kepala Rumkital dr. F.X Soehardjo, Mayor Laut (KH) dr. Satrio Sugiharto, menyampaikan terlepas dari perawatan di rumah sakit, dukungan moril dari lingkungan juga diperlukan untuk kesembuhan pasien.

Dia mengatakan, jika prosedur dan ketentuan protocol Covid-19 yang diterapkan dan dapat dipatuhi, maka hal itu bisa meminimalisir dampak pada keluarga ataupun perawat yang melaksanakan pelayanan kesehatan.

Dia berharap, agar pendemik Covid dapat segera selesai dan dirinya juga memberikan semangat kepada tenaga medis sebagai garda terdepan dalam perjuangan melawan Covid-19.

“Kepada pasien sembuh selamat kembali ke keluarga dan tetap laksanakan protocol kesehatan, gunakan masker, jaga jarak, cuci tangan dan selesai kegiatan luar ganti baju serta mandi bersih," pintanya.

Penulis: Ian Toisutta
Editor:Embong

Baca Juga

error: Content is protected !!