Sekilas Info

Gubernur Sebut Menteri Pertanian serta Menteri Kelautan dan Perikanan Siap Bantu Maluku

satumalukuID- Dua kabar baik dari Pemerintah Pusat disampaikan Gubernur Maluku, Murad Ismail. Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo, mengaku kepada dirinya akan membantu daerah ini.

Khusus untuk pengembangan pertanian, Menteri Pertanian mengaku akan mengucurkan anggaran sebesar Rp. 500 juta hingga Rp. 1 triliun. Sementara Menteri Kelautan mengaku akan menjadikan daerah ini sebagai Lumbung Ikan Nasional (LIN).

Menteri pertanian diakui sebagai temannya. Sejak menjabat Gubernur Sulawesi Selatan, Limpo sempat berbincang dengan Murad. Dia mengaku kawasan Indonesia Timur jika ingin minta bantuan ke pusat, susahnya setengah mati. Olehnya itum dia bercita-cita ingin membantu kawasan Indonesia Timur, termasuk Provinsi Maluku.

"Saya ingin berbagi kabar baik, Mentan (Menteri Pertanian) akan mendukung Maluku dalam hal kemandirian pangan, dan sektor pertanian sebagai penggerak kesejahteraan masyarakat. Kemarin dia ngomong akan bantu kita 500 sampai 1 triliun untuk pertanian,” kata Murad di Kantor Gubernur Maluku, Kota Ambon, Rabu (3/6/2020).

Menteri Pertanian diakui telah mengabdi sebagai Aparat Sipil Negara (ASN) selama 25 tahun. Dia pernah menjadi Lurah, Camat, Bupati dan Gubernur selama 2 periode.

“Waktu Gubernur saya jadi Kapolda. Kalau kita apel kesatuan beliau sering duduk sama saya. Sampai ketika saya jadi Dankor Brimob pun beliau sering duduk sama saya. Begitu jadi Menteri, Indonesia Timur yang dilihat, NTT dan Maluku yang dilihat masalah pertaniannya," terangnya.

Selain dari Menteri Pertanian, kabar baik juga datang dari Menteri Kelautan dan Perikanan. Dia mendukung Maluku untuk menjadi LIN. Dukungan tersebut disampaikan ketika Edhy Prabowo membalas pesan singkat (SMS) mantan Komandan Korps Brimob Polri ini.

"Menteri Kelauatan dan Perikanan sudah menjawab saya, Maluku dapat LIN. (surat dari Menteri) sudah turun seminggu lalu. Ini berita baik juga. Kita hitung ulang untuk Provinsi Kepulauan, kemarin saya di-SMS Pak Karel untuk bangkitkan LIN kembali," sebutnya.

Setelah menerima dua kabar baik tersebut, Jenderal Bintang Dua Purnawirawan Polri ini mengaku telah memerintahkan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, untuk secepatnya menyusun program dibidang pertanian maupun perikanan.

"Saya sudah perintahkan OPD melalui Sekda untuk mengambil langkah-langkah strategis sesegera mungkin menyusun kembali rekap dibidang perikanan dan pertanian," pungkasnya.

Penulis: Ian Toisutta
Editor:redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!