Sekilas Info

BLOK MASELA

Sah, Pelabuhan Kilang Gas Abadi Blok Masela di Pulau Nustual Kepulauan Tanimbar

satumalukuID/Ian Toisutta Gubernur Maluku, Murad Ismail

satumalukuID- Gubernur Maluku, Murad Ismail, akhirnya menetapkan pelabuhan Liquefied Natural Gas (LNG) atau kilang gas cair Blok Masela berada di Pulau Nustual, Desa Lermatang, Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT).

Keputusan itu disahkan melalui Surat Keputusan (SK) Gubernur No. 96/2020 tentang Penetapan Lokasi Pengadaan Tanah untuk Pembangunan Pelabuhan Kilang Gas Cair (LNG) di Pulau Nustual Desa Lermatang, Kecamatan Tanimbar Selatan, Kabupaten Kepulauan Tanimbar.

SK tersebut, telah diserahkan Gubernur Maluku kepada Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas), Dwi Soetjipto, melalui video conference (Vicon) virtual meeting atau pertemuan dalam jaringan (daring), Senin (1/6/2020).

Penyerahan SK kepada SKK Migas di Jakarta dari Gubernur di Kota Ambon ini disaksikan oleh perwakilan dari kedua institusi. Diantaranya pemerintah Kabupaten Kepulauan Tanimbar serta INPEX Masela, operator Lapangan Gas Abadi, Wilayah Kerja (WK) Masela. Lahan pembangunan kilang LNG ditetapkan seluas 27 hektar.

"Tadi kita vicon dengan Inpex, SKK migas dan Bupati KKT. Saya telah menandatangani berita acara dan kita cuma kasih tunjuk. Di sana juga Pak Dwi dari SKK migas juga tandatangan," kata Murad Ismail kepada wartawan di kantor Gubernur Maluku, Kota Ambon.

Setelah ini, SKK Migas dan Inpex dipersilahkan melangkah ke tahapan berikut, yaitu pelaksanaan pengadaan tanah sesuai ketentuan berlaku. Murad berharap proyek strategis nasional ini segera direalisasikan. Sehingga berdampak signifikan kepada masyarakat sekitar dan Maluku umumnya.

Sesuai peraturan, lanjut dia, Pemerintah Provinsi diberi kewenangan menerbitkan SK penetapan lokasi pengadaan tanah bagi pembangunan untuk kepentingan umum. Salah satunya infrastruktur minyak dan gas bumi.

Penulis: Ian Toisutta
Editor:Embong

Baca Juga

error: Content is protected !!