Sekilas Info

PENANGANAN COVID 19

Gubernur Maluku Berikan 1.200 Pieces Obat Herbal Covid-19 asal Wuhan Khusus untuk OTG ke Tim Gustu

satumalukuID/Ian Toisutta Gubernur Maluku, Murad Ismail saat memberikan keterangan terkait obat herbal asal Wuhan untuk Covid-19, kepada wartawan di Kantor Gubernur Maluku, Kota Ambon, Senin (1/6/2020).

satumalukuID- Gubernur Maluku Murad Ismail, menyerahkan sebanyak 1.200 Pcs (Pieces) obat berbentuk kapsul ,yang diakui dapat menyembuhkan pasien Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Obat herbal ini juga diakui ampuh membunuh corona yang menyerang Orang Tanpa Gejala (OTG).

Ribuan pcs obat dengan nama  "Lianhua Qingwen Capsules" tersebut diserahkan kepada Ketua Pelaksana Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Maluku, Kasrul Selang di Kantor Gubernur Maluku, Kota Ambon, Senin (1/6/2020).

"Saya menyerahkan bantuan obat covid sebanyak 1.200 pcs. Masing-masing dos isinya 24 butir untuk pasien covid-19 yang masih tanpa gejala, masih belum berat,” ungkap Murad kepada wartawan.

Mantan Dankor Brimob Polri ini mengakui jika obat tersebut merupakan bantuan dari temannya di Jakarta. Temannya ini merupakan seorang Taipan yang membawakan obat itu langsung dari Wuhan, Cina. Obat itu diakui ampuh menyembuhkan pasien di Kota tempat asal virus mematikan tersebut.

“Baru tiba kemarin siang. Dari teman saya di Jakarta. Kebetulan Pak Anwar ini salah satu taipan di Jakarta mendatangkan obat ini langsung dari Wuhan. Obat ini apabila baru awal terpapar covid, belum berat, langsung minum selama enam hari. Dosisnya 3 x sehari 4 kapsul," ungkapnya.

Murad mengaku beberapa provinsi di Indonesia sudah membeli obat herbal itu. Obat itu juga sudah berhasil menyembuhkan pasien yang belum terlalu berat tertular corona. Khusus untuk Maluku, obat ini diberikan gratis dari temannya tersebut.

“Obat ini sudah berhasil menyembuhkan yang belum terlalu berat. Obat ini digunakam di Wuhan Cina. Beberapa provinsi yang sudah beli, namun ini saya cuma-cuma dikasih sama teman," sebutnya.

Sementara itu, Kasrul Selang, ketua pelaksana gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 Maluku, mengatakan, bantuan obat yang diterima langsung dari Gubernur Maluku ini akan dibagikan juga kepada Kabupaten/Kota yang terdampak.

"Nanti kita bicarakan dengan tim dokter cara penggunaannya. Saya juga sudah pernah pakai," jelasnya.

Lalu, apakah obat ini sudah diakui atau telah direkomendasikan oleh gugus tugas nasional, Kasrul mengaku belum mengetahuinya. “Kita akan cek. Tapi kita sudah mulai pakai," terangnya.

Penulis: Ian Toisutta
Editor:Embong

Baca Juga

error: Content is protected !!