Sekilas Info

PENANGANAN COVID 19

Kabupaten MBD Kini Sudah Tidak Zona Hijau Lagi, Gara-gara 3 Pelaku Perjalanan dari Kota Ambon Terkonfirmasi Covid-19

satumalukuID/istimewa Sekda Maluku Kasrul Selang

satumalukuID- Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) kini sudah tidak lagi berzona hijau. Statusnya berubah warna kuning setelah tiga orang warganya terpapar Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Mereka merupakan pelaku perjalanan yang datang dari Kota Ambon.

Ketua pelaksana harian gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 Provinsi Maluku, Kasrul Selang, mengaku, setelah MBD jebol, zona hijau di Maluku tersisa 5 yaitu Kota Tual, Kabupaten Buru Selatan, Maluku Tenggara, Kepulauan Aru dan Kepulauan Tanimbar.

"Saat ini yang masih zona hijau di Maluku tinggal lima,” ungkap Kasrul Selang, yang juga merupakan Sekretaris Daerah Maluku ini, Sabtu (30/5/2020).

Tiga warga MBD terkonfirmasi berdasarkan hasil pemeriksaan swab di Laboratorium Kesehatan milik Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKLPP) Klas II Ambon. Sebelumnya, mereka juga dinyatakan reaktif pemeriksaan rapid test.

“Mereka itu merupakan pelaku perjalanan dari Kota Ambon yang pulang kampung ke MBD. Dan saat ini MBD berstatus sebagai daerah zona kuning,” sebutnya.

Kasrul mengaku, tiga pasien kasus pandemi itu kini sedang dirawat di MBD. Mereka juga diketahui tidak memiliki gejala khusus atau Orang Tanpa Gejala (OTG).

“Kebetulan juga mereka tidak ada gejala medis yang khusus," pungkasnya.

Penulis: Ian Toisutta
Editor:redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!