Sekilas Info

PENANGANAN COVID 19

RSUP Dr. J. Leimena di Ambon Mulai Dioperasikan, Sekda Maluku: Termasuk Paling Mewah dan Lengkap di Indonesia Timur

satumalukuID- Mulai hari ini, Rabu (27/5/2020), Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) dr. J. Leimena, di kawasan Wailela Ambon, diaktifkan pengoperasiannya untuk penanganan pasien positif Corova Virus Disease 2019 (Covid-19) di Provinsi Maluku.

Dengan diaktifkannya opersional RSUP, maka khusus untuk penanganan Covid-19 telah tersedia kurang lebih 200 kamar, dan berada di rumah sakit baru dan terbesar di Kepulauan Maluku ini.

“Tentu katong semua atas nama gugus, pemerintah provinsi menyampaikan terima kasih kepada Direktur RSUP dan jajarannya, maupun kementerian kesehatan yang telah mengijinkan katong untuk memakai RSUP,” ujar Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Maluku, Kasrul Selang, kepada satumalukuID, di Ambon, Rabu (27/5/2020).

Kasrul yang juga Sekretaris Daerah Maluku ini berharap kepada tenaga medis, maupun para pasien yang dirawat di sini untuk bersama menjaga RSUP dengan baik.

“Untuk Indonesia Timur, rumah sakit ini termasuk paling mewah, bagus, lengkap. Kita kemarin desain rumah sakit ini untuk tipe A. Tapi operasionalnya untuk rumah sakit tipe B. Mudah-mudahan kalau berjalan lancar, bisa naik ke tipe A,” harapnya.

Menyoal terkait jumlah tenaga medis yang minim di RSUP, Kasrul mengaku telah memperbantukan sebanyak 120 orang tenaga kesehatan.

“Katong di gugus ada perbantukan 120 orang. Katong cuma bisa menyediakan, melengkapi prasarana tim medis. Selanjutnya protap, pasien masuk sampai pasien pulang diatur oleh tim medis di sini. Selain kita obati penyakitnya, karena ini orang, katong juga ada psycho social buat mereka (pasien covid),” tandasnya.

Sementara itu, Direktur RSUP Leimena, dr. Calestinus Eigya Munthe, mengungkapkan jika 10 pasien covid yang dirujuk dari RSUD Haulussy Ambon akan dirawat di lantai 6, ruangan khusus yang telah disiapkan.

“Yang kita buka itu lantai 6 dan 8. Kalau lantai 6 yang kita siapkan saat ini ada 20 kamar. Jadi RSUD Haulussy nanti hanya melayani pasien umum,” kata Munthe, dikonfirmasi satumalukuID.

Setelah menerima pasien Covid-19, Munthe, mengaku akan mensterilkan area Instalasi Gawat Darurat (IGD). Setiap orang yang melintasi kawasan tersebut harus menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) lengkap.

“Nanti area di depan IGD RSUP kita jadikan zona merah. Orang melintas di situ harus menggunakan APD lengkap,” tandasnya.

Penulis: Ian Toisutta
Editor:Embong

Baca Juga

error: Content is protected !!