Sekilas Info

PENANGANAN COVID 19

Bahas New Normal di Maluku, Kapolda: Anggota Tidak Akan Arogan Saat Masyarakat Melawan

satumalukuID- Indonesia saat ini sedang bersiap menghadapi kehidupan baru di tengah pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Berbagai persiapan dilakukan pemerintah, salah satunya sosialisasi menjelang kehidupan baru ini atau disebut “new normal”.

Untuk menghadapi kehidupan “new normal” jajaran Polri mulai melakukan sosialiasi. Hal ini terlihat dalam rapat bersama yang dipimpin langsung oleh Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan (Kabaharkam) Polri, Komjen Pol. Agus Andrianto, selaku Kepala Operasi Aman Nusa II Polri.

Rapat bersama melalui video conference (vicon) ini diikuti Kapolda Maluku Irjen Pol. Baharuddin Djafar dan Wakapolda Brigjen Pol. Jan Leonard De Fretes, Irwasda, Pejabat Utama serta para Kapolres/Kapolresta di Rupatama Mapolda Maluku, Kota Ambon, Rabu (27/5/2020).

Dalam rapat pembahasan persiapan menuju kehidupan “new normal” tersebut, Agus meminta seluruh jajaran Polda di Indonesia dapat mendukung arah kebijakan pemerintah dalam rangka percepatan penanganan Covid-19.

"Kepada Kapopda (Kapolda) dan Kaopsres (Kapolres) memastikan sosialisasi dan edukasi tersampaikan kepada masyarakat sehingga masyarakat siap menuju tatanan baru dan libatkan seluruh babinkamtibmas untuk laksanakan sosialisasi," pinta jenderal bintang tiga tersebut.

Seluruh jajaran Polda juga ditekankan untuk selalu mengikuti perkembangan situasi dengan mendukung kebijakan pemerintah. Setiap anggota diminta untuk senantiasa mengedepankan upaya preemtif dan preventif guna menjaga kondusifitas keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

Sementara itu, kepada jajaran Polres dan Polresta, Kapolda Maluku Irjen Pol. Baharudin Djafar, kembali menekankan agar dapat menentukan Daerah mana yang harus menjadi contoh pelaksanaan penertiban menuju masyarakat produktif, dan aman dari Covid-19.

Polres dan Polresta, juga diharapkan dapat menyiapkan sejumlah titik yang menjadi sarana publik. Sehingga dapat membuat protokol penertiban pada setiap titik tersebut.

"Untuk maklumat Kapolri dilihat lagi dan maklumat Kapolri berlaku sama di setiap Daerah atau jajaran," ungkap Baharuddin mengingatkan.

Orang nomor 1 Polri di Maluku ini juga menghimbau kepada jajarannya untuk selalu berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah. Koordinasi dengan Bupati/Walikota atau gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 diharapkan berjalan baik. Tujuannya agar dapat merumuskan atau merencanakan program yang bisa mendisiplinkan masyarakat, dan patuh terhadap protokol kesehatan menuju masyarakat produktif Aman Covid-19.

"Ada 4 daerah yang direncanakan dilakukan pendisiplinan untuk patuhi protokol kesehatan, yaitu Kota Ambon, Kabupaten Maluku Tengah, Kabupaten Buru dan Kabupaten Seram Bagian Timur dan untuk daerah yang belum terpapar agar disiapkan untuk dibuka," sebutnya.

Selain itu, Jenderal Bintang Dua Polri di Maluku ini juga meminta untuk mensimulasikan semua kegiatan yang telah direncanakan atau dirumuskan. Jajarannya juga ditekankan untuk melaksanakan sosialisasi dengan melibatkan TNI dan Satpol PP.

"Anggota di lapangan tidak melakukan tindakan arogan, apabila ada masyarakat yang melawan agar berikan penjelasan yang benar," tandas Baharuddin.

Penulis: Ian Toisutta
Editor:Embong

Baca Juga

error: Content is protected !!