Sekilas Info

PENANGANAN COVID 19

10 Pasien Covid yang Dirawat di RSUD Haulussy Dirujuk ke RSUP Leimena Ambon

satumalukuID- 10 pasien terkonfirmasi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) yang dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. M. Haulussy, Kudamati, Kota Ambon, kembali dirujuk ke Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) dr. J. Leimena, Wailela Ambon, Rabu (27/5/2020).

“Iya hari ini kita rujuk 10 orang pasien terkonfirmasi Covid dari RSUD Haulussy ke sini,” ungkap Kasrul Selang, ketua pelaksana harian gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 Provinsi Maluku saat akan meninggalkan RSUP dr. J. Leimena kepada satumalukuID.

Sebelumnya, Kasrul mengaku akan merujuk para pasien Covid yang telah terkonfirmasi berdasarkan hasil pemeriksaan Polymerase Chain Reaction (PCR) ke RSUP. RSUD akan dikosongkan dan hanya akan difungsikan untuk membuka pelayanan umum.

“Rumah Sakit di Ambon hanya tersedia kurang lebih 80 kamar. Termasuk Haulussy, Rumah Sakit Tentara, ada 5 rumah sakit rujukan. Kalau ditambah dengan rumah sakit alternatif yaitu BPSDM dan LPMP maka kita punya 165 kamar (tersedia),” kata Kasrul kepada wartawan.

165 kamar yang tersedia saat ini dianggap belum cukup untuk menampung para pasien covid yang per harinya bisa ditemukan mulai dari 10 sampai dengan 12 kasus pandemi tersebut.

“Sampai kemarin itu statusnya ada 170 pasien (maksudnya yang dirawat 136 orang, 27 dinyatakan sembuh dan 7 meninggal dunia),” terangnya.

Penulis: Ian Toisutta
Editor:Embong

Baca Juga

error: Content is protected !!