Sekilas Info

PENANGANAN COVID 19

Polda Maluku Perpanjang Operasi Aman Nusa II Siwalima Hingga 30 Juni 2020

satumalukuID- Operasi Aman Nusa II, dalam rangka percepatan penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), yang sedianya berakhir pada 30 Mei nanti, diperpanjang hingga 30 Juni 2020 mendatang oleh Kepolisian Daerah (Polda) Maluku.

Perpanjangan operasi terpusat itu, khususnya di daerah ini, disampaikan Kepala Polda Maluku, Inspektur Jenderal Polisi Baharuddin Djafar, saat memimpin rapat Analisa dan Evaluasi (Anev) bersama jajarannya di 11 Kabupaten/Kota melalui video conference, Selasa (26/5/2020).

Rapat yang didampingi Wakil Kepala Polda Maluku, Brigjen Pol. Jan Leonard De Fretes, sekaligus membahas pelaksanaan operasi Ketupat Siwalima 2020 tersebut berlangsung di Ruang Rapat Utama (Rupatama) Markas Polda Maluku, Kota Ambon.

"Untuk operasi Aman Nusa II tahun 2020, diperpanjang hingga sampai tanggal 30 Juni tahun 2020," kata Jenderal Bintang Dua Polri itu.

Setelah diperpanjang, Orang Nomor 1 Polri di Maluku ini meminta seluruh jajarannya di tingkat Polresta dan Polres hingga dibawahnya agar pada bidang pelayanan umum senantiasa menggunakan Standar Operasional Prosedur (OSP) Covid-19.

"Jajaran harus sesuai SOP protokol kesehatan Pecegahan Penyebaran Covid-19 termasuk juga Tahanan yang ada di Polda dan Polres Jajaran," pintanya.

Di sisi lain, mantan Kapolda Sulawessi Barat ini meminta jajarannya agar menyalurkan Bantuan Sosial (Bansos) tepat kepada masyarakat yang benar-benar terdampak Covid-19 dan tidak menimbulkan konflik di tengah masyarakat itu sendiri.

"Terkait Bansos agar diinventaris dengan baik dan tepat sasaran sehingga tidak menimbulkan konflik baru di masyarakat," tegasnya.

Mantan Kabid Humas Polda Metro Jaya ini juga menegaskan kepada jajarannya untuk tidak menyebarkan berita yang belum dapat dipastikan kebenarannya dan tidak menurunkan produktifitas dalam bekerja.

Baharuddin juga menghimbau agar setiap anggota Polri wajib mengenakan masker, dan terus melakukan penyemprotan menggunakan cairan disinfektan. Dia juga berharap kepada jajarannya untuk memperbanyak kunjungan di tengah masyarakat.

"Perbanyak kunjungan ke masyarakat dan transparan tentang semua kebijakan yang kita ambil. Apapun yang akan kita sampaikan harus dimulai dari diri kita sendiri dan keluarga kita, dalam bahasa khiasannya "sekasur, sedapur dan sesumur” pasti situasi akan jauh lebih baik ke depan," tandasnya.

Penulis: Ian Toisutta
Editor:Embong

Baca Juga

error: Content is protected !!