Sekilas Info

TRADISI KEAGAMAAN

Tradisi Tapur di Negeri Tengah Tengah Dilaksanakan Tanpa Pawai Hadrat dan Bertakbir Keliling Kampung

Foto: ANTARA/Shariva Alaidrus. Ratusan penganan dan minuman yang ditempatkan di nampan-nampan raksasa dalam pelaksanaan Tradisi Tapur di Negeri Tengah Tengah, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku.

satumalukuID - Pelaksanaan Tradisi Tapur di Negeri Tengah Tengah, Kecamatan Salahutu, Pulau Ambon, Sabtu (23/5/2020), tanpa pawai hadrat dan bertakbir keliling kampung, guna menghindari warga ramai-ramai berkumpul di jalan dan tidak menjaga jarak sosial di masa pandemi virus corona (COVID-19).

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, Tradisi Tapur di Desa Tengah Tengah yang rutin dilaksanakan setiap perayaan Idul Fitri tampak tak semeriah biasanya.

Tradisi yang melekat dengan budaya berbagi suka cita dengan "memberi makan negeri" hari ini, dilangsungkan tanpa adanya takbir dan hadrat keliling kampung membawa belasan nampan raksasa berisi beragam penganan dan minuman, sebelum dihantarkan ke masjid setempat.

Dimulai sekitar pukul 14.00 WIT, usai pelaksanaan shalat Dhuhur, tradisi tapur dilaksanakan seadanya tanpa pawai dan keramaian yang berlebihan.

Belasan nampan berukuran antara tiga hingga enam meter yang dibuat dari pelepah daun sagu atau bambu disusun rapi dan dihiasi langsung dibawa ke Masjid An-Nikmah.

Nampan-nampan tersebut berisi penganan dan minuman yang dikumpulkan dari para saniri (lembaga adat), perwakilan soa dan mata rumah (kelompok marga dalam strata masyarakat adat Maluku) untuk dibagikan kepada warga usai pelaksanaan shalat Isya malam ini.

Baca Juga

error: Content is protected !!