Sekilas Info

PENANGANAN COVID 19

22 Kasus Baru Covid-19 di Maluku, 21 Diantaranya Dari Kota Ambon

satumalukuID- Sebanyak 22 kasus baru Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Provinsi Maluku kembali ditemukan, Jumat (22/5/2020). 21 diantaranya berasal dari Kota Ambon dan sisanya Kabupaten Maluku Tengah. Total kasus pandemic itu kini mencapai 157 orang.

157 orang yang terpapar Covid berasal dari Kota Ambon sebanyak 115 orang, Kabupaten Buru 5, Maluku Tengah 6, dan 1 di Seram Bagian Barat (SBB). Dari ratusan kasus itu, tercatat 128 diantaranya masih dirawat, 22 dinyatakan sembuh dan 7 orang meninggal dunia. Sementara untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP) 32 dan 53 Orang Dalam Pemantauan (ODP) di Maluku.

Ketua pelaksana harian gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 Provinsi Maluku, Kasrul Selang, mengungkapkan, 22 kasus baru tersebut ditemukan setelah pihaknya menerima hasil pemeriksaan laboratorium kesehatan di BTKLPP Klas II Ambon hingga pukul 15.00 WIT.

"Ini berdasarkan hasil pemeriksaan swab melalui metode PCR di BTKLPP Klas II Ambon hari ini. 22 kasus baru itu diantaranya 21 dari Ambon dan 1 Maluku Tengah,” kata Kasrul.

Sekretaris Daerah Maluku ini mengaku, besok pihaknya baru akan menyampaikan identitas para pasien berserta kode penomoran mereka.

“Untuk kodefikasi (penomoran kasus dan inisial), mudah-mudahan besok baru dapat diinfokan," kata dia.

Kasrul menjelaskan, ada ketidaksesuaian beberapa data pada informasi grafis. Diantaranya Maluku Tengah, hanya 6 kasus yang ditemukan. Sehari sebelumnya ada 5 kasus. Penambahan satu adalah kasus 113 berinisial AT yang merupakan warga asal Kecamatan Leihitu.

Bukan saja itu, kasus 76 berinisial SL ternyata merupakan warga asal SBB. Lantaran Kartu Tanda Penduduk tercatat merupakan warga SBB, maka data yang sebelumnya di Ambon dimasukan ke dalam Kabupaten tempat asalnya tersebut.

"Sehingga hari ini Dinkes memindahkan status kasus 113 ke Maluku Tengah, dan Kasus 76 ke SBB," ungkap dia.

Untuk 32 PDP tercatat berasal dari Kota Ambon berjumlah 27 orang, Maluku Tengah 4 dan Kabupaten Buru Selatan 1. Sedangkan sebanyak 53 ODP terdiri dari 52 berasal di Kota Ambon dan 1 dari Kabupaten Seram Bagian Timur.

Penulis: Ian Toisutta
Editor:redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!