Sekilas Info

Marthinus Hukom Resmi Naik Pangkat Jadi Inspektur Jenderal Bersama 25 Brigjen Polisi Lainnya

Foto: ANTARA/HO-Humas Polri Kapolri Jenderal Pol. Idham Azis (kiri) memimpin upacara serah terima jabatan dan pelantikan sembilan kapolda di Mabes Polri, Jakarta, Jumat (8-5-2020). Upacara dilakukan dengan memperhatikan standar protokol kesehatan.

satumalukuID – Bintang dua kini tersemat di pundak Marthinus Hukom, putra Maluku yang kini menjabat Kepala Densus 88 Polri, Rabu (20/5/2020).

Bersama 25 brigadir jenderal polisi lainnya, Marthinus Hukom mengikuti upacara Korps Raport atau kenaikan pangkat dipimpin Kapolri Jenderal Pol. Idham Azis di Rupatama Mabes Polri, Jakarta.

Marthinus Hukom sendiri dikenal sebagai jenderal polisi berasal dari Maluku. Dia lahir di Negeri Ameth Nusalaut pada 31 Januari 1969. Pendidikan sekolah menengah diselesaikan di SMA Negeri 3 Ambon dan lulus pada tahun 1987.

Sempat melanjutkan kuliah di Fakultas Pertanian Universitas Pattimura pada tahun 1987, Marthinus Hukom kemudian memutuskan masuk Akademi Kepolisian dan selanjutnya berkarir sebagai perwira polisi.

Selama berdinas di polisi, Marthinus Hukom menghabiskan banyak waktu di tugas-tugas penanganan kasus terorisme. Dia bahkan menduduki jabatan Wakil Kepala Densus 88.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divhumas Polri Kombes Pol. Awi Setiyono mengatakan bahwa dalam Korps Raport ini setidaknya diikuti 77 perwira tinggi (pati) Polri. Diantaranya ada tiga pati Polri yang tadinya mengemban irjen diangkat sebagai komjen atau jenderal bintang tiga.

"Dalam Korps Raport kali ini, ada tiga kenaikan dari irjen ke komjen, di antaranya Komjen Pol. Boy Rafli sebagai Kepala BNPT, Komjen Pol. Andap Budi Revianto selaku Inspektur Jenderal Kemenkumham dan Komjen Pol. Rycko Amelza Dahniel sebagai Kabaintelkam Polri," kata Awi.

Sementara itu, ada 26 personel Korps Bhyangkara yang dinaikkan pangkatnya dari brigjen ke irjen. Mereka adalah Kadesus 88 Polri Irjen Pol. Marthinus Hukom, As SDM Kapolri Irjen Pol. Sutrisno Yudi Hermawan, Kadiv Humas Polri Irjen Pol. Raden Prabowo Argo Yuwono, dan Kakor Sabhara Baharkam Polri Irjen Pol. Wahyudi Hidayat.

Selain itu, Gubernur Akpol Irjen Pol. M. Asep Syahrudin, serta sepuluh kapolda, yakni Kalimantan Utara, Bengkulu, Gorontalo, Bangka Belitung, Maluku Utara, Jawa Tengah, Sulawesi Barat, Papua Barat, Kalimantan Tengah, dan Sulawesi Tenggara, serta 16 jabatan irjen lainnya di internal Polri.

Untuk kenaikan pangkat dari jabatan kombes ke brigjen ada 48 personel, di antaranya Karo Binkar SSDM Polri Brigjen Pol. Suwondo Nainggolan, Direktur Tindak Pidana Khusus Bareskrim Polri Brigjen Pol. Helmy Santika, Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol. Awi Setiyono, dan Karo Multimedia Divisi Humas Polri Brigjen Pol. Muharrom Riyadi.

Awi menambahkan bahwa acara kenaikan pangkat ini hanya dihadiri oleh pati Polri yang berdinas di DKI Jakarta, sementara mereka yang di daerah akan mengikuti upacara secara virtual mengingat saat ini terjadi pandemi COVID-19.

"Yang hadir upacara, hanya pejabat yang dinas di Jakarta, sementara yang berdinas di luar Jakarta mengikuti upacara secara virtual di tempat masing-masing," ujar Awi.

Pelantikan para jenderal itu, kata Awi, dilaksanakan dengan memperhatikan standar protokol kesehatan yang ditetapkan oleh Pemerintah, yakni dengan menjaga jarak aman atau physical distancing.

"Pelaksanaan upacara tetap menerapkan physical distancing dan protokol kesehatan sesuai dengan anjuran Pemerintah," kata Awi.

Korps Raport ini merupakan tindak lanjut dari surat telegram rahasia (TR) yang dikeluarkan Kapolri Jenderal Pol. Idham Azis pada tanggal 1 Mei 2020, antara lain ST/1377/V/KEP/2020, ST/1378/V/KEP/2020, ST/1379/V/KEP/2020, ST/1380/V/KEP/2020, ST/1381/V/KEP/2020, ST/1382/V/KEP/2020, ST/1383/V/KEP/2020.

Baca Juga

error: Content is protected !!