Sekilas Info

PHK KARYAWAN

Tiga Bulan Pandemi Covid, Ratusan Karyawan Perusahaan Perikanan di Ambon Kena PHK

satumalukuID/Tiara Salampessy Ilustrasi hasil ikan Maluku

satumalukuID- Ratusan karyawan perusahaan ikan yang berada di Pulau Ambon dilaporkan menjadi korban dampak pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) terpaksa mereka terima dari sejumlah perusahaan tempatnya bekerja.

"Ada sekitar 123 karyawan yang di PHK. Mereka ini karyawan dari 5 perusahaan. Memang kondisi perusahaan tidak bisa beroperasi," kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Maluku, Abdul Haris, di kantor Gubernur Maluku, Kota Ambon, Selasa (19/5/2020).

Mereka yang di PHK merupakan karyawan dari PT. Inti Mas Surya, PT. Cemerlang Laut Ambon, PT. Mina Usaha Harapan, CV. Sumber Harta Laut Mas, dan PT. Mina Maluku Sejahtera. Ratusan karyawan tersebut nantinya akan dilaporkan ke Dinas Ketenagakerjaan untuk didata.

Bantuan lainnya yang juga telah diusulkan adalah untuk nelayan maupun pembudidayaan ikan di Maluku. Jaring Pengaman Sosial (JPS) untuk terdampak virus corona tersebut diusulkan kepada tim gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 Provinsi Maluku.

Usulan yang telah dilayangkan semuanya sebesar Rp 15 miliar. Usulan tersebut akan diverifikasi oleh tim gugus tugas yang didalamnya terdapat unsur BPKP, Inspektorat dan Bappeda Maluku.

“Nanti mereka akan mengkaji dulu usulan dari semua OPD, apakah betul-betul yang diminta itu ada berkaitan langsung dengan penanganan covid atau tidak," sebutnya.

Penulis: Ian Toisutta
Editor:Embong

Baca Juga

error: Content is protected !!