Sekilas Info

KEAGAMAAN

Gubernur Maluku akan Undang Pemuka Agama Bahas Sholat Idul Fitri 1441 Hijriah di Rumah

Foto ANTARA/Jimmy Ayal Foto ilustrasi Gubernur Maluku, Murad Ismail saat mengikuti teleconference bersama Presiden Joko Widodo dari ruang kerjanya di Ambon, Selasa (24/3/2020).

satumalukuID - Gubernur Maluku Murad Ismail akan mengundang pemuka agama dan pengurus Masjid untuk membahas masalah sholat Id 1441 Hijriah. Hal ini dia lakukan terkait banyaknya pengurus masjid yang mengajukan permohonan pelaksanaan sholat Id Idul Fitri di masjid.

"Kita akan undang pemuka agama dan pengurus masjid untuk membahas masalah ini di gedung Korem Binaya. tetapi prinsipnya Shalat Id Idul Fitri dianjurkan di rumah, Tidak di masjid, agar rantai penularan pandemi COVID-19 ini dapat diputuskan," kata Gubernur Murad seusai melakukan pertemuan virtual dengan Menko Polhukam Mahfud MD, Senin (18/5/2020).

Dalam pertemuan virtual itu, kata Gubernur, Menko Polhukam Mahfud MD menyampaikan anjuran agar pelaksanaan Sholat Idul Fitri 1441 Hijriah, khususnya di wilayah zona merah atau rawan penyebaran COVID-19, hendaknya dilaksanakan warga Muslim dari rumah.

"Menkopolhukam menganjurkan seluruh umat Muslim pada saat Idul Fitri itu shalatnya di rumah saja," timpalnya.

Saat pertemuan virtual tersebut Gubernur Murad didampingi Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Marga Taufiq, Kapolda Maluku Irjen Pol. Baharudin Djafar, Kejati Maluku Yudi Handono dan Kabinda Maluku Kol Arm. Jimmy Aritonang.

Menurut Gubernur, Kondisi saat ini mengharuskan shalat Jumat yang wajib saja sudah dilakukan di rumah, apalagi shalat Idul Fitri yang merupakan shalat sunnah.

"Jadi inti pembicaraan Menkopolhukam mengajak warga Muslim mengikuti anjuran pemerintah dan ulama untuk Shalat Idul Fitri dari rumah," katanya.

Tidak hanya Menko Polhukam, lanjut Gubernur, Kapolri Jenderal Idham Azis juga mengajak masyarakat agar mengikuti anjuran ulama dan pemerintah dengan melakukan shalat Id dari rumah untuk mencegah dan memotong rantai penularan COVID-19.

Penulis: Jimmy Ayal/Ant
Editor:Redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!