Sekilas Info

Dinas Kelautan dan Perikanan Maluku Bakal Bagi-bagi Ikan Gratis Jelang Idul Fitri

satumalukuID/Ian Toisutta Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Maluku, Abdul Haris.

satumalukuID- Jelang Idul Fitri 1441 Hijriah, Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Maluku, akan menggelar pasar murah. Rencananya, saat itu ikan dibagikan secara gratis kepada masyarakat terdampak Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Maluku.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Maluku, Abdul Haris, mengungkapkan, pasar murah yang akan digelar, diakui tidak seperti tahun sebelumnya. Kala itu, ikan cakalang dan anak tuna dijual per ekor Rp 5 ribu sampai Rp 10 ribu.

“Untuk tahun ini akan diberikan secara gratis. Ini karena covid yang berdampak pada kondisi ekonomi masyarakat,” kata dia kepada wartawan di kantor Gubernur Maluku, Kota Ambon, Selasa (19/5/2020).

Abdul mengaku pasar murah akan dilaksanakan menjelang tiga atau dua hari sebelum perayaan Idul Fitri. Pasar murah direncanakan berlangsung di empat lokasi yang kini dalam proses pengecekan dan dikoordinasikan.

“Lokasi mana yang betul-betul terdampak. Sehingga dapat membantu meringankan beban masyarakat untuk kebutuhan ikan pada saat nanti lebaran. Program yang sama juga akan kita buat pada Natal dan Tahun Baru untuk basudara Nasrani," ujarnya.

Lantas, apakah stok ikan tersedia, kata Abdul, di cold storage milik tujuh perusahaan saat ini terdapat 108 ton ikan. Ratusan ton ikan tersebar di cold storage milik PT Aneka Sumber Tatabahari, Advani Bintang Samudera, Pedulia Laut Maluku, Cemerlang Laut Ambon, Intim Mas Surya, Arbaika Fishing Industri dan PT Harta Samudera.

"Kami minta siap untuk mensuplai pasar apabila terjadi paceklik, jadi total ada 108 ton yang tersedia di tujuh cold storage," ungkapnya.

Selain itu, ketersediaan ikan juga terdapat di keramba budidaya yang berada di Teluk Ambon Dalam. Sedikitnya ada 15 ton ikan kerapu, dan kakap putih yang siap dipasarkan. Bahkan, 8.000 ekor ikan diprediksi akan kembali dipanen dalam tiga sampai empat bulan mendatang di Ambon.

"Ini untuk menjaga kita punya suplai ikan di pasar kota Ambon dan pasar ikan di pulau Ambon," katanya.

Tak hanya di Pulau Ambon, stok ikan di semua Kabupaten/Kota di Maluku dilaporkan dalam kondisi stabil. Sehingga meski dalam kondisi pandemi saat ini, kebutuhan ikan bagi masyarakat masih tetap terjangkau.

"Kami menghimbau kepada masyarakat untuk tetap makan ikan, karena dengan makan ikan imunitas tubuh kita tetap terjaga dengan baik. Sehingga mungkin seperti itu kita bisa terhindar dari terinveksi Covid-19," harapnya.

Penulis: Ian Toisutta
Editor:Embong

Baca Juga

error: Content is protected !!