Sekilas Info

Daya Beli Masyarakat di Maluku Menurun Sejak Awal Covid-19 Hingga Menjelang Lebaran

satumalukuID/Embong Salampessy Pusat perbelanjaan Ambon City Center terlihat lenggang, sepi pengunjung, sejak wabah pandemik Covid-19.

satumalukuID- Tidak seperti sebelumnya, tahun ini daya beli masyarakat yang biasanya melonjak drastis di setiap menjelang lebaran Idul Fitri, tercatat menurun. Bahkan, penurunan tingkat daya beli warga di Maluku ini telah terjadi sejak awal Covid-19 melanda Maluku yaitu pada pertengahan Maret 2020 lalu.

Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Maluku, Elvis Pattiselano, kepada wartawan di kantor Gubernur Maluku, Kota Ambon, Selasa (19/5/2020). Menurutnya, penurunan tersebut tentunya akibat penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Penyebaran virus mematikan itu, lanjut dia, berimbas pada pendapatan masyarakat. Banyak warga kehilangan pekerjaan, dan pendapatan. Bahkan ada yang pendapatan mereka menurun drastis hingga mencapai 50 persen.

"Seperti tukang ojek maupun sopir angkot terima pendapatan hanya 50 persen, penumpang dibatasi, tenaga kerja dirumahkan. Otomatis membuat daya beli menurun. Kita belum hitung secara pastinya berapa persen turun,” katanya.

Daya beli masyarakat, lanjut Pattiselano, diketahui turun berdasarkan pengakuan semua distributor yang ditanya. Bahkan distribusi pengecer atau permintaan barang kepada distributor juga mengalmi penurunan.

“Itu yang menjadi satu indikator bahwa memang daya beli masyarakat menurun dan ini terlihat jelang lebaran. Ini sudah menurun sejak awal covid di Maluku,” sebutnya.

Di sisi lain, meski daya beli menurun akibat Covid-19, namun Pattiselano mengaku pihaknya senantiasa menjaga stok barang atau ketersediaan kebutuhan pokok tersedia dalam jumlah yang cukup.

"Daya beli memang menurun, tetapi stok kebutuhan pokok tetap kita jaga, karena ada bantuan-bantuan pemerintah yang memanfaatkan stok yang ada di distributor," tandasnya.

Penulis: Ian Toisutta
Editor:Embong

Baca Juga

error: Content is protected !!