Sekilas Info

PENANGANAN COVID 19

Hingga Senin Sore Tercatat 116 Terkonfirmasi Covid-19 di Maluku, 21 Sembuh dan 6 Meninggal Dunia

satumalukuID/Ian Toisutta Gubernur Maluku Murad Ismail memberikan keterangan di pelataran Kantor Gubernur Maluku, Kota Ambon, Senin (18/5/2020).

satumalukuID- Hingga sore tadi Senin (18/5/2020), jumlah terkonfirmasi Covid-19 bertambah 7 menjadi 116 kasus di Provinsi Maluku. 89 pasien masih dirawat, 21 dinyatakan sembuh dan 6 orang meninggal dunia. Data yang masuk pukul 12.00 WIT, sebelumnya hanya 109 kasus.

Ketua gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 Provinsi Maluku, Murad Ismail, mengaku, tambahan kasus baru itu diketahui setelah hasil pemeriksaan swab masuk dari Laboratorium Kesehatan milik Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKLPP) Klas II Ambon.

"Sampai dengan sore ini tambah lagi tujuh dari sebelumnya 109 jadi 116 kasus di Maluku," kata Murad Ismail, Gubernur Maluku, kepada wartawan di depan pelataran Kantor Gubernur Maluku, Kota Ambon, sore tadi.

Di tempat yang sama, ketua pelaksana harian gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 Provinsi Maluku, Kasrul Selang, mengatakan, tujuh kasus baru sebagaimana disampaikan Gubernur saat ini belum dimasukkan dalam data update gugus tugas yang menerima hingga pukul 12.00 WIT.

"Untuk penambahan 7 kasus yang diungkapkan Pak Gubernur, baru akan di update besok langsung dengan penomoran kasus. Jadi untuk hari ini baru 109 kasus. Besok, selasa baru di update data lagi menjadi 116 kasus," jelasnya.

Sesuai data update hingga siang tadi, kasus 108 berinisial IB seorang laki-laki dan kasus 109 adalah YP, perempuan. Keduanya saat ini dirawat di Rumah Sakit Bhayangkara Polda Maluku, Tantui, Kota Ambon.

Menurut Kasrul, dua pasien kasus Covid ini sebelumnya merupakan Pasien Dalam Pengawasan (PDP). Tapi apakah mereka adalah pelaku perjalanan dan sebagainya, Kasrul mengaku belum mengetahuinya.

Sesuai data grafik tim gugus tugas yang diterima satumalukuID, tercatat dari 109 kasus, 82 yang masih dirawat diantaranya berasal dari Kota Ambon 75 kasus, 5 Kabupaten Buru dan 2 dari Maluku Tengah.

Sedangkan untuk data 33 PDP berasal dari Kota Ambon 25 orang, Kabupaten Buru 3, Buru Selatan 1, dan Maluku Tengah 4. Untuk 52 ODP terdiri dari Kota Ambon 50, Burus Selatan 1 dan Seram Bagian Timur 1 ODP.

Penulis: Ian Toisutta
Editor:Embong

Baca Juga

error: Content is protected !!