Sekilas Info

PENANGANAN COVID 19

Sempat Mati Mesin, Speedboat Bermuatan 14 Orang Diselamatkan Nelayan Maluku Tenggara

satumalukuID- Sebanyak 14 orang penumpang speedboat yang mengalami mati mesin ditemukan selamat oleh nelayan di tengah laut antara perairan Pulau Manggur dan Pulau Fadol, Kabupaten Maluku Tenggara, Minggu (17/5/2020) dini hari.

Belasan penumpang itu ditemukan selamat setelah sempat dikabarkan mengalami gangguan mesin atau mati mesin sejak Sabtu (16/5/2020) pukul 17.00 WIT. Speedboat tersebut berangkat dari Pulau Manggur hendak menuju Pulau Fadol.

Kepala Badan SAR Nasional (Basarnas) Ambon, Muslimin, mengaku, berdasarkan informasi yang diterima dari pihak keluarga, speedboat dengan panjang 8 meter dan lebar 2 meter itu ditemukan nelayan hari ini sekira pukul 00.30 WIT. Speedboat itu kemudian ditarik menuju Pulau Fadol.

“Sudah ditemukan oleh nelayan pada posisi : 5° 39'32" S - 131° 57'48" E dan dievakuasi ke Pulau Fadol dalam keadaan selamat,” kata Muslimin kepada satumalukuID.

Menurut Muslimin, sebelumnya, informasi terkait kejadian yang membahayakan nyawa manusia di laut tersebut diketahui sejak kemarin pukul 21.10 WIT. Mendapat kabar itu, tim SAR gabungan termasuk TNI dan Polri dikerahkan dari Pelabuhan Yos Sudarso Tual menggunakan KNP. Salawaku.

Tim bergerak menuju Tempat Kejadian Perkara (TKP) yang diduga berada pada lokasi 5° 38'23.82"S - 131° 59'31.98"E atau di perairan Pulau Fadol, Kabupaten Maluku Tenggara. Sayangnya, tim terpaksa kembali akibat cuaca ekstrim.

“Sekitar pukul 01.50 WIT tim gabungan kembali menuju Tual karena cuaca buruk. Pukul 04.40 WIT tim SAR gabungan tiba di Pelabuhan PPN Tual di Kabupaten Maluku Tenggara. Kemudian mendapat kabar jika speedboat sudah berhasil ditemukan,” tandasnya.

Penulis: Ian Toisutta
Editor:Embong

Baca Juga

error: Content is protected !!