Sekilas Info

PENANGANAN COVID 19

Pekan Ini 75 Kasus Baru Covid-19 Ditemukan di Maluku, Diprediksi Masih Terus Bertambah

satumalukuID- Dalam pekan ini, 75 orang diketahui terpapar Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Maluku. Angka tersebut menunjukan trend peningkatan wabah mematikan itu perlu diwaspadai dengan segera karena begitu mengkhawatirkan. Kasus ini diprediksi masih bisa bertambah.

Sejak Senin (11/5/2020) hingga Minggu (17/5/2020), grafik kasus itu terus melojak drastis. Berdasarkan catatan satumalukuID, pada 11 Mei ditemukan 4 kasus baru. Kemudian esok harinya naik 14 kasus, selanjutnya 12. Dan pada 15 Mei ditemukan lagi 10 kasus baru. Esok harinya 12 kasus lagi dan terkahir hari ini 23 kasus serupa.

Ketua Pelaksana Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Maluku, Kasrul Selang, masih memprediksi adanya peningkatan jumlah kasus terkonfirmasi virus corona tersebut.

"Kalau saya prediksikan masih ada lagi (bertambah),"ujarnya menjawab awak media di kantor Gubernur Maluku, Ambon, Minggu (17/5) sore.

Penambahan kasus itu, lanjut dia, akan terus ditemukan khususnya di Kota Ambon. Alasannya, masih banyak warga yang tidak patuh dengan himbauan dan protokoler kesehatan yang disampaikan pemerintah.

"Kalau kita tidak patuh dan segala macam, masih ada terus ini (peningkatan kasus)," ungkapnya.

Lalu solusi apa yang akan dilakukan, kata Kasrul, telah memperketat setiap pintu masuk untuk menekan dan memutus mata rantai penyebaran virus mematikan tersebut.

"Sekarang kita lagi upaya pengetatan di pintu-pintu masuk. Tadi saya baru koordinasi dengan Bupati Maluku Tengah, jadi jangan sampai ini tambah, kita perketat di pintu-pintu masuk," ujarnya.

Tim Gugus Tugas, kata dia, juga akan melakukan sosialisasi di sejumlah kawasan padat penduduk maupun lokasi kerumunan masyarakat. Hal itu diharapkan agar tidak muncul klaster-klaster baru penyebaran Covid-19.

Penulis: Ian Toisutta
Editor:Embong

Baca Juga

error: Content is protected !!