Sekilas Info

PENANGANAN COVID 19

Lawan Covid-19, Kalesang FC Ambon Bagi Seribu Masker, Banyak Warga yang Belum Dapat

satumalukuID/Ian Toisutta

satumalukuID- Kalesang FC, kelompok olahraga futsal yang merupakan para jurnalis/wartawan di Maluku, menggelar aksi sosial melawan Covid-19 di Kota Ambon. Mereka membagikan seribu masker kepada supir angkot, pengendara sepeda motor, pengayuh becak, tukang gerobak dan pejalan kaki.

Aksi peduli Covid-19 yang dilakukan para jurnalis dari berbagai media lokal hingga nasional itu berlangsung di Jalan Pantai Losari, Belakang Kota, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon, Sabtu (16/5/2020) sore. Seribu masker dibagikan secara gratis kepada warga yang melintas.

Ketua Kalesang FC, Levianus Kariuw, mengatakan, pembagian masker yang dilakukan hari ini merupakan bentuk kepedulian pihaknya terhadap bencana kesehatan pandemi Covid-19. Apalagi, tambah dia, kasus Covid di Ambon saat ini semakin meningkat.

Meningkatnya wabah virus mematikan ini, kata Ceo Spektrum Maluku itu, membuat tim Kalesang FC merasa terpanggil untuk membantu warga yang membutuhkan masker, terutama kepada mereka yang beraktivitas di luar rumah selama massa pandemi berlangsung.

"Pemberian seribu masker kepada para tukang becak, sopir angkot dan warga ini sebagai bentuk kepedulian kami jurnalis Ambon yang tergabung dalam Kalesang FC atas pandemi Covid-19 yang terjadi saat ini. Masker ini merupakan hasil penggalangan anggota Kalesang FC serta donasi yang tidak mengikat dari berbagai pihak," kata Levianus.

Levi mengaku, ternyata masih banyak masyarakat yang belum sadar anjuran pemerintah dalam menangkis penyebaran penyakit menular itu. Mereka terlihat beraktivitas tanpa menggunakan alat pelindung diri seperti masker.

Selain itu, dia juga mengaku jika masih banyak warga yang masih membutuhkan masker. Warga kesulitan mendapatkan masker. "Dari pembagian tadi ternyata masih banyak masyarakat yang membutuhkan masker untuk digunakan, karena itu kami akan melakukan aksi selanjutnya," terangnya.

Menurutnya, pembagian masker saat ini telah menjadi kebutuhan utama masyarakat untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Virus ini, lanjut dia, harus dilawan secara bersama-sama. Caranya adalah tetap disiplin mengikuti anjuran pemerintah, menjalankan protokol kesehatan dalam aktivitas keseharian, baik di luar maupun di dalam rumah.

"Selain memberikan masker kami juga membantu program pemerintah untuk mengedukasi masyarakat, yakni menggunakan masker jika keluar rumah, jaga jarak fisik dan selalu cuci tangan setelah beraktivitas," tandasnya.
Foto: IAN TOISUTTA

Penulis: Ian Toisutta
Editor:redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!