Sekilas Info

PENANGANAN COVID 19

Putus Mata Rantai, Tim Gugus Tugas Maluku Berencana Umumkan Alamat Pasien Terkonfirmasi Covid-19

satumalukuID/Ian Toisutta Ketua Pelaksana Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Maluku, Kasrul Selang.

satumalukuID- Informasi terkait data pasien dinilai penting untuk memutus mata rantai penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Maluku. Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Maluku, akan mengumumkan alamat tempat tinggal asal pasien.

Selama ini, informasi yang disampaikan tim gugus tugas Maluku seperti daerah asal pasien terkonfirmasi diantaranya Kabupaten/Kota belum efektif untuk memutus penyebaran virus mematikan tersebut.

"Ada tuntutan dari sebagian orang dalam rangka memotong (covid-19) ini, beberapa hari ke depan mungkin nama yang kita umumkan inisial. Tapi kita rapat, kita akan umumkan wilayahnya kira-kira (tempat tinggal pasien)," kata Ketua Pelaksana Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Maluku, Kasrul Selang di kantor Gubernur Maluku, Kota Ambon, Jumat (15/5/2020).

Langkah itu diambil berdasarkan hasil rapat. Tim Gugus Tugas banyak mendapatkan masukan dari berbagai pihak termasuk para ahli telekomunikasi yang mendesak agar wilayah atau tempat tinggal pasien positif korona juga harus diumumkan agar dapat mempercepat proses pemutusan mata rantai penyebaran.

Dengan diumumkan wilayah atau tempat tinggal pasien, Sekretaris Daerah Maluku itu berharap adanya rasa kewaspadaan dari masyarakat.

"Mudah-mudahan ada semacam edukasi kewaspadaan di tengah masyarakat. Jadi ke depan, kalau banyak yang setuju, kita umumkan beserta wilayah dalam rangka edukasi ya bukan untuk lain-lain," ujarnya.

Kasrul mengaku menghargai privasi pasien, tapi di sisi lain banyak ahli telekomunikasi juga yang berpendapat bahwa menyebutkan wilayah atau alamat pasien merupakan bagian dari keterbukaan, agar masyarakat tahu dan waspada.

“Misalnya di Ambon, wilayah ini sudah bagaimana dan seterusnya. Jadi kewaspadaan diharapkan bisa meningkat dengan rajin pakai masker dan seterusnya. Mudah-mudahan yang lain mendukung," harapnya.

Penulis: Ian Toisutta
Editor:Embong

Baca Juga

error: Content is protected !!