Sekilas Info

PENANGANAN COVID 19

Laboratorium Kesehatan Penanganan Covid-19 di Maluku Kekurangan SDM untuk Baca PCR

Ilustrasi tes PCR

satumalukuID- Tim Gugus Tugas (Gustu) Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Maluku menggelar rapat dengan Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKLPP) Kelas II Ambon, Selasa (12/5/2020).

Rapat digelar untuk mengevaluasi kinerja tim termasuk mengecek persediaan alat uji sampel swab Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang berada di laboratorium kesehatan (Labkes) milik BTKLPP Ambon tersebut.

“Jadi katong rapat satu hari dengan BTKLPP, mengevaluasi kira-kira dong punya kebutuhan dan dong punya kecepatan tiap hari itu berapa untuk membaca hasil swab,” kata Ketua Pelaksana Harian Gustu Percepatan Penanganan Covid-19 Maluku, Kasrul Selang, kepada wartawan.

Dari hasil rapat tersebut, Kasrul mengaku persediaan logistik untuk pemeriksaan sampel pasien dengan metode swab sangat cukup. Hanya saja, kendala saat ini adalah sumber daya manusia (SDM) untuk membaca hasil Polymerase Chain Reaction (PCR) atau test swab.

“Jadi katong punya masalah logistik sudah teratasi semua, apakah itu reagen, erection, kemudian PCR semua sudah ada dalam jumlah yang sangat cukup. Sekarang tinggal katong punya SDM. Mereka (BTKLPP) punya SDM yang bisa membaca PCR itu cuma ada 4 orang,” ungkap Kasrul.

Sebelumnya, tambah Kasrul yang juga merupakan Sekretaris Daerah Maluku ini, empat orang ahli yang hanya mampu membaca PCR, juga turun tangan mengambil sampel swab. Beruntung, saat ini sudah ada pengganti dari Kabupaten Kota setelah melakukan berbagai pelatihan.

“Tadinya 4 orang itu juga melakukan swab, tapi sudah dilatih tenaga-tenaga dari kesehatan di kabupaten kota yang lain. Jadi tenaga-tenaga tersebut juga sudah bisa ambil sampel, sehingga orang BTKLPP itu, konsen pada proses menganalisis karena itu butuh pengalaman dan ilmu untuk membaca PCR,” tandasnya.

Penulis: Ian Toisutta
Editor:Embong

Baca Juga

error: Content is protected !!