Sekilas Info

Garuda Berlakukan Kebijakan Adanya Surat Tugas dan Keterangan Kesehatan Bagi Pelaku Perjalanan dari Ambon

satumalukuID - Maskapai penerbangan Garuda Indonesia meminta masyarakat yang akan melakukan perjalanan menyiapkan dokumen keberangkatan di masa pandemi COVID-19.

Mengacu pada surat edaran Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 nomor 4 Tahun 2020, tentang kriteria dan syarat calon penumpang yang akan melakukan perjalanan yaitu, persyaratan perjalanan orang yang bekerja pada lembaga pemerintah atau swasta.

"Calon penumpang wajib menunjukkan surat tugas dari instansi terkait, surat keterangan sehat dari dinas kesehatan, rumah sakit, puskesmas, klinik kesehatan, serta hasil negatif COVID-19 berdasarkan Polymerase Chain Reaction (PCR) Test," kata Manager Sales dan Marketing Garuda cabang Ambon, Valentri Akila Rurambi, Senin (11/5/2020).

Dikatakannya, Aparatur Sipil Negara, Tentara Nasional Indonesia, Kepolisian Republik Indonesia yang akan melakukan perjalanan dinas surat tugas ditandatangani minimal pejabat setingkat eselon 2.

Selain itu pegawai Badan Usaha Milik Negara, Badan Udaha milik Daerah, Unit Pelaksana Teknis, Satuan Kerja, organisasi non-pemerintah, Lembaga Usaha yang ditandatangani oleh direksi, atau kepala kantor.

Bagi yang tidak mewakili lembaga pemerintah atau swasta harus membuat surat pernyataan yang diteken di atas materai dan diketahui lurah atau kepala desa setempat.

"Selain itu wajib menunjukkan identitas diri KTP serta melaporkan rencana perjalanan jadwal keberangkatan, jadwal saat berada di tempat penugasan, serta waktu kepulangan, " ujarnya.

Dijelaskannya, persyaratan perjalanan pasien yang membutuhkan pelayanan kesehatan darurat atau perjalanan orang yang anggota keluarga inti yang sementara sakit keras atau meninggal dunia.

"Calon penumpang harus menunjukkan dokumen kelengkapan baru kita layani proses pemesanan dan pencetakan tiket. Jika ada satu syarat yang tidak lengkap, maka kita tidak akan melayani, " tandasnya.

Valentri menambahkan, maskapai garuda Indonesia saat ini hanya melayani penerbangan dari Ambon ke Jakarta via Makassar.

"Kami menyesuaikan permintaan dari masyarakat, dalam satu minggu hanya melayani satu atau dua kali penerbangan dari Ambon - Jakarta via Makassar, " ujarnya.

Baca Juga

error: Content is protected !!