Sekilas Info

BMKG Ambon Keluarkan Panduan Langkah Evakuasi Darurat Peringatan Dini Tsunami Dalam Situasi Covid-19

satumalukuID/Pixabay Ilustrasi gelombang besar.

satumalukuID- Di tengah situasi pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Ambon, mengeluarkan panduan langkah evakuasi darurat peringatan dini tsunami.

Dalam kondisi saat ini, masyarakat diharapkan dapat melakukan evakuasi mandiri jika terjadi gempabumi. Pertama adalah jangan panik. Jika berada di dalam ruangan, warga diminta untuk segera berlindung atau lari keluar apabila memungkinkan.

“Lakukan evakuasi mandiri dengan memperhatikan jaga jarak fisik (phisycal distancing) dan menggunakan masker, dan pastikan informasi gempabumi bersumber dari BMKG,” kata Andi Azhar Rusdin, Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Ambon, dalam rilisnya yang diterima satumalukuID, Sabtu (9/5/2020).

Apabila masyarakat merasakan guncangan yang kuat atau gempa berayun lemah tapi terjadi dalam waktu lama, segeralah melakukan evakuasi mandiri.

“Jauhi pantai dan segera menuju ketempat evakuasi seperti dataran tinggi atau gedung/bangunan yang sudah disepakati sebagai tempat evakuasi aman.”

Saat melakukan evakuasi, masyarakat diminta untuk tetap memperhatikan langkah pencegahan penyebaran Covid-19, seperti jaga jarak fisik (phisycal distancing) dan selalu menggunakan masker.

“Setelah ancaman tsunami berakhir, harap mengikuti arahan dan petunjuk dari pihak berwenang (Pemda, BPBD, BMKG)," himbaunya.

Penulis: Ian Toisutta
Editor:Embong

Baca Juga

error: Content is protected !!