Sekilas Info

KM.Tarang 2 Tenggelam Dihantam Gelombang di Laut Banda, Satu Hilang ABK Hilang, Dua Selamat

Ilustrasi Tim SAR

satumalukuID- Naas menimpa Kapal Motor (KM) Tarang 2. Kapal pengangkut ikan ini tenggelam dihantam gelombang saat melintas di perairan laut Banda, Kabupaten Maluku Tengah, Kamis (7/5/2020) pukul 20.00 WIT.

Dari tiga Anak Buah Kapal (ABK), satu diantaranya belum ditemukan hingga malam ini, Jumat (8/5/2020). Korban hilang adalah Arifin Arodes. Sementara Adrian Basiman dan Bahri Basiman, dinyatakan selamat dari maut.

Kepala Badan SAR Nasional Ambon, Muslimin, mengungkapkan, saat ini tim gabungan telah dikerahkan. Termasuk menerjunkan Kapal Negara SAR 235 Abimanyu yang berangkat dari Kota Ambon.

"Kami tadi terima laporan pukul 15.50 WIT. Bahwa kejadiannya kemarin sekitar pukul 20.00 WIT. Laporannya kecelakaan kapal," ungkap Muslimin, Jumat (8/5/2020).

Tempat Kejadian Perkara (TKP) diduga berada pada lokasi 04°20'00" S-128°54'404" E, laut Banda. Jarak dari kantor SAR Ambon sekitar 70,09 NM, atau estimasi perjalan 4 jam tiba di lokasi.

"Pelapor adalah Mayor Romi Hasibuan, Anggota TNI AL Ambon," kata dia.

Berdasarkan laporan yang diterima, kapal naas itu berangkat pada Kamis (7/5/2020). Kapal bertolak dari Pulau Banda hendak menuju Tulehu, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah (Pulau Ambon). Kapal kala itu membawa muatan barang berupa ikan di dalam box.

Di tengah perjalanan, kapal diduga diterjang badai dan gelombang sekitar pukul 20.00 WIT. Dihantam terus menerus, membuat kapal oleng dan tenggelam.

"Dua nelayan ditemukan selamat tadi pagi sekitar pukul 07.00 WIT. Sedangkan satu orang lainnya belum ditemukan," sebutnya.

Penulis: Ian Toisutta
Editor:Embong

Baca Juga

error: Content is protected !!