Sekilas Info

Bandara Pattimura akan Layani Penerbangan Khusus Lion Air 10 Mei dan Garuda 12 Mei

Bandara Internasional Pattimura Ambon (John Nikita Sahusilawane)

satumalukuID - Bandara Pattimura Ambon akan melayani penerbangan penumpang kriteria khusus, menindaklanjuti keputusan Kementerian Perhubungan yang memperbolehkan moda transportasi angkutan penumpang.

"Sesuai rencana Bandara Pattimura akan melayani penerbangan penumpang khusus untuk maskapai komersil yakni Lion Air mulai 10 Mei dan Garuda Indonesia 12 Mei 2020, kata Humas PT Angkasa Pura I Bandara Pattimura Ambon, Adityia Wibisono di Ambon, Jumat.

Ia mengatakan, layanan tersebut menindaklanjuti surat edaran ketua pelaksana gugus tugas percepatan penanganan COVID-19 nomor 4 tahun 2020, tentang kriteria pembatasan perjalanan orang dalam rangka percepatan penanganan COVID-19.

Layanan penerbangan yang diperbolehkan pengoperasiannya oleh pemerintah, yakni pesawat mengangkut pimpinan lembaga tinggi RI dan tamu kenegaraan dan perwakilan organisasi internasional.

Selanjutnya, penerbangan khusus repatriasi pemulangan WNI maupun WNA, dan terakhir penerbangan pengangkut penegakan hukum, ketertiban, dan pelayanan darurat.

"Serta operasional lainnya dengan seizin Kemenhub dalam rangka mendukung percepatan penanganan COVID-19," katanya.

Dijelaskannya, pelayanan penumpang khusus, calon penumpang wajib melengkapi dan menunjukkan kelengkapan dokumen perjalanan yang dibutuhkan serta mengikuti protokol pengamanan kesehatan diri.

Sedangkan untuk maskapai, langkah pencegahan penularan COVID-19 juga akan dilakukan, mulai dari pemeriksaan kesehatan awak pesawat sebelum penerbangan.

"Hingga pengaturan jarak aman antar tamu atau penumpang dalam kabin pesawat pada setiap penerbangan, " ujarnya.

Sebelumnya, Bandara Pattimura hanya melayani penerbangan kargo untuk dua maskapai penerbangan yakni Garuda Indonesia dan Wing Air.

Sejauh ini layanan kargo dari dan ke Ambon dilayanu dua maskapai untuk sejumlah rute diantaranya Ambon - Jakarta, Ambon - UPG, Ambon- Babo (Papua) maupun sebaliknya, " kata Adityia.

Baca Juga

error: Content is protected !!