Sekilas Info

PENANGANAN COVID 19

Anggaran Percepatan Penanganan Covid-19 Maluku Baru Terpakai Rp 12 Miliar

satumalukuID/Ian Toisutta Ketua Pelaksana Harian Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Maluku, Kasrul Selang memberikan keterangan kepada wartawan di depan Kantor Gubernur Maluku, Kota Ambon, Selasa (5/5/2020).

satumalukuID- Provinsi Maluku menyiapkan anggaran sebesar Rp.178 miliar untuk percepatan penanganan Covid-19. Ratusan miliar rupiah itu disiapkan untuk penanganan sektor kesehatan, keselamatan, ekonomi dan Jaringan Pengamanan Sosial (JPS).

Dari ratusan miliar rupiah tersebut, Ketua Pelaksana Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Maluku, Kasrul Selang, mengaku baru terpakai sebesar Rp.12 miliar.

"Sampai hari ini baru pakai Rp.12 miliar," kata Kasrul kepada wartawan di kantor Gubernur Maluku, Kota Ambon, Jumat (8/5/2020).

Dia menuturkan, dari alokasi anggara sebesar Rp.178 miliartersebut, sebanyak Rp.60 miliar diperuntukkan bagi sektor keselamatan dan kesehatan. Kemudian untuk mengatasi dampak ekonomi, anggarannya Rp.53 milyar. Sedangkan untuk jaminan pengaman sosial senilai Rp.57 milyar.

"Meski APBD Maluku untuk tahun 2020 hanya senilai Rp.3,3 triliun, namun anggaran yang sudah dirasionalisasi untuk penanganan Covid-19. Jadi bisa untuk menyelesaikan masalah yang ada. Kami akan upayakan dana ini cukup untuk penanganan Covid-19 di Maluku," ujarya optimis.

Lebih lanjut Kasrul menyebutkan, ada sekitar 20 orang tenaga medis, khusus untuk percepatan penanganan Covid-19 di Kota Ambon, yang masih membutuhkan tempat menginap.

Lokasi tempat tinggal sementara untuk tenaga medis, pada salah satu hotel di Kota Ambon. Namun telah penuh. Hotel itu menampung lebih dari 40 orang.

"Kita masih cari lagi (penginapan untuk tempat menginap tenaga medis). Karena masih ada dua puluhan orang tenaga medis lagi," pungkasnya.

Penulis: Ian Toisutta
Editor:Embong

Baca Juga

error: Content is protected !!