Sekilas Info

PENANGANAN COVID 19

Satu Pedagang Pasar di Ambon Meninggal Dunia Terpapar Covid-19, Malam Ini Langsung Dimakamkan

Kawasan Pasar Mardika Ambon saat ini akan direvitalisasi menjadi pasar modern.

satumalukuID- Seorang pedagang pasar di Kota Ambon, yang sebelumnya berstatus Pasien Dalam Pengawasan (PDP), meninggal dunia di ruang isolasi RSUD dr. M. Haulussy, kawasan Kudamati, Kota Ambon, Rabu malam (6/5/2020) pukul 18.00 WIT.

Berdasarkan hasil swab dari Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKL-PP) Klas IIA Ambon, almarhum dinyatakan positif Covid-19.

"Baru satu jam lalu, didapat hasil swabnya positif. Pasien tersebut nomor uji laboratoriumnya 193," terang Ketua Pelaksana Harian Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Maluku, Kasrul Selang, di Kantor Gubernur Maluku, Rabu malam.

Menurut dia, saat para staf dari BTKL dan BPOM sedang bekerja. Kemungkinan besok baru penomorannya diumumkan.

Hingga pukul 21.00 WIT, almarhum masih disemayamkan di kamar jenazah RSUD Ambon. Rencananya, malam ini juga langsung dimakamkan di tempat pemakaman umum yang sudah disediakan oleh Pemerintah Kota Ambon.

"Protokol sebagai pasien covid telah kami persiapkan. Teman-teman di Pemerintah Kota Ambon juga sudah menyiapkan pemakaman. Relawan kami juga sudah siap untuk mengantar jenazah ke tempat peristirahatan terakhir," terang Kasrul.

Kasrul menyebutkan, atas nama Pemerintah Provinsi Maluku, Gubernur, Wakil Gubernur dan Forkopimda, Tim Gugus Tugas serta rakyat Maluku, mengucapkan berbela sungkawa kepada keluarga pasien.

"Insya Allah almarhum khusnul khatimah dan keluarga yang ditinggal diberi ketabahan," tuturnya.

Masyarakat, tambah Kasrul, diingatkan untuk tetap waspada dan tidak panik. "Takut boleh, tapi jangan ketakutan," pintanya.

Sekretaris Daerah Maluku ini mengimbau masyarakat untuk senantiasa mengikuti anjuran dari pemerintah dan para tokoh agama, terkait menjaga jarak, menggunakan masker dan rajin cuci tangan.

"Jangan keluar rumah kalau tidak ada urusan yang tidak terlalu penting," ujarnya mengingatkan.

Penulis: Ian Toisutta
Editor:Embong

Baca Juga

error: Content is protected !!