Sekilas Info

PENANGANAN COVID 19

Hasil Rapid Test 3 Pedagang Pasar Mardika Ambon Reaktif, Kasrul Selang: Tidak Benar Isu Positif Covid-19

ANTARA/John Soplanit Pedagang sayuran di pasar Mardika, Ambon, Maluku.

satumalukuID- Warga Kota Ambon digemparkan dengan adanya edaran informasi yang menyebutkan tiga pedagang Pasar Mardika, Kota Ambon positif Covid-19 dan dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD), dr. M. Haulussy, Kudamati, Kota Ambon.

Menanggapi adanya informasi tersebut, Ketua Pelaksana Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) Provinsi Maluku, Kasrul Selang membantahnya. Informasi itu tidaklah betul.

"Sebenarnya kami ini tidak mau lagi menginformasikan kalau baru rapid test (RDT). Ini hanya untuk internal kami sebagai fungsi screaning saja. Karena RDT ini hasilnya bisa positif fals dan negatif fals," kata Kasrul kepada wartawan di Kantor Gubernur Maluku, Kota Ambon, Selasa (5/5/2020).

Kasrul mengaku, tiga warga itu benar sedang dirawat di RSUD dr. M. Haulussy Kudamati, seperti halnya pasien kasus Covid-19.

Sebab, hasil pemeriksaan rapid test mereka, kata Kasrul, reaktif. Satu diantaranya pedagang dan dua lainnya tidak.

Tiga warga tersebut, lanjut dia, masuk di waktu berbeda. Dua orang masuk pada Jumat (1/5/2020) dan salah seorang pedagang itu masuk pada Minggu (3/5/2020). Mereka masuk karena bergejala. Setelah diperiksa menggunakan RDT, hasilnya reaktif.

"Hari minggu datang lagi laki laki (berinisial) LS (pedagang) sama juga dan kemudian diisolasi. Jadi di RSUD itu siapapun yang datang bergejala, di RDT dulu, dan RDT ini untuk scranning tim medis," katanya.

Sekretaris Daerah Maluku ini meminta masyarakat untuk tetap tenang sambil menunggu hasil pemeriksaan swab. Pemeriksaan swab tiga warga itu dilakukan di Balai Teknik Kesehatan Lingkungan Pengendalian Penyakit (BTKL-PP) Klas II Ambon.

"Mudah-mudahan besok sudah keluar hasilnya," pungkasnya.

Penulis: Ian Toisutta
Editor:Embong

Baca Juga

error: Content is protected !!