Sekilas Info

Polda Maluku Limpahkan Berkas Tahap I Milik Tiga Tersangka Kasus Makar RMS

Foto: satumalukuID/Ian Toisutta Kabid Humas Polda Maluku Kombes Pol. M. Rum Ohoirat.

satumalukuID- Setelah dinyatakan lengkap, berkas perkara milik tiga tersangka kasus makar Front Kedaulatan Maluku (FKM)/Republik Maluku Selatan (RMS), dilimpahkan penyidik Ditreskrimum Polda Maluku, untuk kembali diteliti Jaksa Penutut Umum (JPU) Kejaksaan Tinggi Maluku.

Berkas perkara tiga orang yang mengaku pimpinan organisasi separatis FKM/RMS tersebut dilimpahkan dalam tahap I, Senin (4/5/2020).

Berkas kasus menghasut dan makar ini adalah milik tersangka Simon Viktor Taihuttu (56), Abner Litamahuputty (44) dan oknum PNS Janes Pattiasina (52). Simon adalah Juru Bicara RMS, Abner Wakil Ketua Perwakilan dan Janes sebagai Sekertaris Perwakilan Tanah Air FKM/RMS.

"Benar, sudah kami serahkan dalam tahap I hari ini kepada Kejaksaan Tinggi Maluku," kata Kabid Humas Polda Maluku Kombes Pol. M. Roem Ohoirat kepada satumalukuID.

Penyerahan berkas tiga tersangka itu selanjutnya diperiksa JPU. Jika kelak dinyatakan lengkap, maka penyidik Kepolisian secepatnya melakukan penyerahan atau tahap 2.

"Tapi kalau belum lengkap (P19), kita tentu akan memperbaikinya sesuai petunjuk JPU," tandasnya.

Untuk dijetahui, tiga tersangka ini memasuki halaman Polda Maluku sambil membentangkan bendera RMS pada Sabtu (25/4/2020). Kedatangan mereka saat itu untuk memenuhi panggilan penyidik Ditreskrimum Polda Maluku, sehubungan dengan pembuatan video ajakan mengibarkan bendera RMS.

Video ajakan tersebut diupload ke youtube pada 18 April 2020. Mereka enyerahkan diri dan menyatakan bertanggung jawab terhadap pengibaran bendera RMS yang dilakukan oleh simpatisan RMS saat HUT RMS 25 April 2020 lalu.

"Mereka dikenakan Pasal 106 KUHP dan 110 KUHP tentang Makar dan Pasal 160 KUHP tentang Menghasut," tambah Roem.

Penulis: Ian Toisutta
Editor:redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!