Sekilas Info

Infografis Pemetaan Penularan Covid-19 di Maluku (update terakhir 1/5/2020)

Foto: satumalukuID/Almascatie Infografis pemetaan penularan covid-19 di Maluku (update terakhir 1/5/2020).

Coba bikin pemetaan penularan covid-19 di Maluku (update terakhir 1/5/2020). Dari pemetaan pasien covid dimulai dari Kasus 01 (pasien asal bekasi).

Sampai kasus 23 terlihat bahwa mayoritas pasien covid merupakan pelaku perjalanan dari luar kota (Jakarta, Manado, Sulawesi dll), sedangkan kasus transmisi lokal masih di transmisi kedua (belum tahu kalo ada transmisi ketiga dan seterusnya).

Kabar gembiranya, dari 23 kasus konfirmasi, terdapat 12 orang yg sembuh dan tidak ada kasus meninggal dunia. Bahkan orang tua di atas 70 tahun pun bisa sembuh. Artinya ada harapan sangat besar untuk sembuh dari Covid.

Selain itu, dengan melihat pemetaan ini, memang kunci utama pemutusan Covid, terdapat pada kedisiplinan diri. Misal bagi pelaku perjalanan untuk lakukan karantina mandiri. Dan bagi semuanya, protokol jaga jarak dan pakai masker harus benar-benar diterapkan, hingga bisa terhindar dari penularan Covid.

Kasus transmisi lokal pada pasien 02, 03, 15 dan 17 masih ditularkan pada anggota keluarga terdekat atau teman dekat yg tingkat interaksi sangat tinggi. Belum sampai menyebar ke warga yang lain.

Jadi jaga jarak, pake masker. Ngopi di rumah saja.

Penulis: Almascatie
Editor:Embong

Baca Juga

error: Content is protected !!