Sekilas Info

PROMOSI JABATAN

Putra Maluku Lulusan SMA Negeri 3 Ambon Jabat Kepala Densus 88 Polri

Brigjen Pol Marthinus Hukom

satumalukuID – Kapolri mengangkat Brigjen Pol Marthinus Hukom sebagai Kepala Detasemen Khusus (Densus) 88 Polri. Hal ini dipastikan dalam telegram Kapolri bernomor ST/1377/V/KEP/2020 yang terbit pada Jumat (1/5/2020).

Dengan pengangkatan sebagai Kepala Densus 88, Brigjen Pol Marthinus Hukom dipastikan naik pangkat menjadi Irjen Pol atau bintang dua. Dia merupakan putra daerah asal Maluku pertama yang menduduki jabatan tertinggi di Densus 88.

Marthinus Hukom sendiri dikenal sebagai jenderal polisi berasal dari Maluku. Dia lahir di Negeri Ameth Nusalaut pada 31 Januari 1969. Pendidikan sekolah menengah diselesaikan di SMA Negeri 3 Ambon dan lulus pada tahun 1987.

Sempat melanjutkan kuliah di Fakultas Pertanian Universitas Pattimura pada tahun 1987, Marthinus Hukom kemudian memutuskan masuk Akademi Kepolisian dan selanjutnya berkarir sebagai perwira polisi.

Selama berdinas di polisi, Marthinus Hukom menghabiskan banyak waktu di tugas-tugas penanganan kasus terorisme. Dia bahkan menduduki jabatan Wakil Kepala Densus 88.

Dalam telegram Kapolri tersebut, selain Marthinus Hukom, Kepala BNPT Komjen Pol Suhardi Alius  juga dimutasi menjadi Analis Kebijakan Utama Bareskrim Polri. Posisi Kepala BNPT kini dijabat oleh Irjen Pol Boy Rafli Amar.

Jabatan Kapolda Jateng kini diemban oleh Brigjen Pol Ahmad Luthfi. Selain itu, jabatan Kapolda Jatim kini diemban Irjen Pol Mohammad Fadil Imran. Lalu Irjen Pol Eko Indra Heri menjabat sebagai Kapolda Sumatera Selatan.

Melalui telegram Kapolri bernomor ST/1378/KEP/2020, Irjen Mohammad Iqbal dari Kadivhumas Polri juga dimutasi menjabat sebagai Kapolda NTB. Pengganti M Iqbal sebagai Kadivhumas adalah Brigjen Pol Raden Prabowo Argo Yuwono.

Penulis: M-15
Editor:Redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!