Sekilas Info

Besok akan Diperiksa, Aktivis Separatis Republik Maluku Selatan Berstatus Pegawai Negeri Sipil

Foto: satumalukuID/Ian Toisutta Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Maluku, Kasrul Selang.

satumalukuID- Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Maluku, Kasrul Selang, mengaku, tim pemeriksa Pegawai Negeri Sipil (PNS) akan mendatangi Markas Polda Maluku, Kota Ambon, Kamis besok (30/4/2020).

Kedatangan tim untuk meminta ijin agar dapat melakukan pemeriksaan terhadap Janes Pattiasina, oknum PNS di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Maluku.

Janes saat ini ditahan polisi di Markas Polda Maluku, Kota Ambon. Dia diringkus karena diduga terlibat sebagai aktivis Front Kedaulatan Maluku (FKM), Republik Maluku Selatan (RMS).

Salah satu simpatisan organisasi makar ini ternyata adalah Aparat Sipil Negara (ASN). Ia diamankan bersama dua rekannya yang lain. Mereka mendatangi Mapolda Maluku sambil membentang bendera RMS, Sabtu (25/4/2020). Konon katanya, hari itu adalah tepat HUT RMS ke-70 tahun.

Kasrul menyampaikan, sebelumnya surat permohonan ijin pemeriksaan terhadap sekertaris Perwakilan Tanah Air FKM/RMS ini telah dilayangkan pada Senin (27/4/2020). Surat itu memohon ijin pemeriksaan untuk hari ini Rabu (29/4/2020).

"Dalam surat kita mintanya hari ini Rabu (29/4/2020), tapi belum ada jawaban dari Polda," kata Kasrul kepada wartawan di Kantor Gubernur Maluku, Kota Ambon.

Lantaran belum ada jawaban dari Polda terkait surat permohonan ijin pemeriksaan terhadap pria 52 tahun itu, Kasrul mengaku, besok tim akan menuju Mapolda Maluku. Pihaknya akan langsung meminta ijin untuk pemeriksaan yang bersangkutan.

"Besok kita yang ke sana (Polda), kalau dapat izin, kita akan periksa dia di sana," tandasnya.

Penulis: Ian Toisutta
Editor:Embong

Baca Juga

error: Content is protected !!